PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIIF SMP N 2 COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011

Proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru dikelas sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Rendahnya prestasi belajar siswa merupakan indikasi pembelajaran yang belum optimal. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HIDAYAH, SITI NUR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11468/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995349613379584
author HIDAYAH, SITI NUR
author_facet HIDAYAH, SITI NUR
author_sort HIDAYAH, SITI NUR
collection ePrints
description Proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru dikelas sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Rendahnya prestasi belajar siswa merupakan indikasi pembelajaran yang belum optimal. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Oleh karena itu perlu adanya metode yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu salah satunya dengan menggunakan metode group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VII F semester ganjil di SMP negeri 2 Colomadu, Karanganyar yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 20 putri dan 16 putra melalui metode group investigation. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode angket, tes, dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat ditunjukkan dari presentase peningkatan prestasi belajar siswa dari tiap-tiap siklus nya. Presentase hasil belajar pada siklus I yaitu siswa yang mendapatkan nilai > 65 sebesar 77,8%, siklus II siswa yang mendapat nilai > 68 sebesar 83,3%, dan pada siklus ke III siswa yang mendapat nilai > 70 sebesar 91,7%. Hasil ini menunjukan prestasi belajar siswa sudah tercapai berdasarkan parameter peningkatan hasil belajar yang di tetapkan 75% siswa memperoleh nilai > 65 pada siklus I, 80% siswa memperoleh nilai > 68 pada siklus II, dan 85% siswa memdapatkan nilai > 70 pada siklua III. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII F di SMP N 2 Colomadu Karanganyar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11468
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11468 https://eprints.ums.ac.id/11468/ PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIIF SMP N 2 COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011 HIDAYAH, SITI NUR LB Theory and practice of education Proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru dikelas sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Rendahnya prestasi belajar siswa merupakan indikasi pembelajaran yang belum optimal. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Oleh karena itu perlu adanya metode yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu salah satunya dengan menggunakan metode group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VII F semester ganjil di SMP negeri 2 Colomadu, Karanganyar yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 20 putri dan 16 putra melalui metode group investigation. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode angket, tes, dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat ditunjukkan dari presentase peningkatan prestasi belajar siswa dari tiap-tiap siklus nya. Presentase hasil belajar pada siklus I yaitu siswa yang mendapatkan nilai > 65 sebesar 77,8%, siklus II siswa yang mendapat nilai > 68 sebesar 83,3%, dan pada siklus ke III siswa yang mendapat nilai > 70 sebesar 91,7%. Hasil ini menunjukan prestasi belajar siswa sudah tercapai berdasarkan parameter peningkatan hasil belajar yang di tetapkan 75% siswa memperoleh nilai > 65 pada siklus I, 80% siswa memperoleh nilai > 68 pada siklus II, dan 85% siswa memdapatkan nilai > 70 pada siklua III. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII F di SMP N 2 Colomadu Karanganyar. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11468/1/2._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11468/4/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11468/5/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11468/7/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11468/8/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11468/9/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11468/22/8._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11468/24/9._Lampiran.pdf HIDAYAH, SITI NUR (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIIF SMP N 2 COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060081
spellingShingle LB Theory and practice of education
HIDAYAH, SITI NUR
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIIF SMP N 2 COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIIF SMP N 2 COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIIF SMP N 2 COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIIF SMP N 2 COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIIF SMP N 2 COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIIF SMP N 2 COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort penerapan metode pembelajaran kooperatif group investigation gi dalam meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas viif smp n 2 colomadu karanganyar tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11468/
work_keys_str_mv AT hidayahsitinur penerapanmetodepembelajarankooperatifgroupinvestigationgidalammeningkatkanprestasibelajarekonomisiswakelasviifsmpn2colomadukaranganyartahunajaran20102011