STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMEN (TGT) DALAM KONTEK PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP ISS JATIPURNO TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar ekonomi yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemen Division (STAD) dan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) pada bidang studi IPS Ekonomi kelas VII d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YULIANA, VITA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11462/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995347913637888
author YULIANA, VITA
author_facet YULIANA, VITA
author_sort YULIANA, VITA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar ekonomi yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemen Division (STAD) dan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) pada bidang studi IPS Ekonomi kelas VII di SMP ISS Jatipurno. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimentasi. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP ISS Jatipurno. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP ISS Jatipurno tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 132 siswa. Sampel diambil sebanyak 88 orang siswa dengan teknik Purposif random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Metode tes sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji t-test, pengujian prasyarat analisis dengan metode Lillefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Dari analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) dengan metode pembelajran kooperatif tipe Student Teama Achievemen Division (STAD) dengan thitung = 2,893 > ttabel = 1,988. Sedangkan dengan melihat nilai rata-rata dari kedua kelas dimana nilai rata-rata kelas eksperimen = 76,4 dan nilai rata-rata kelas kontrol = 70,7 sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) lebih baik dari pada dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teama Achievemen Division (STAD)
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11462
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11462 https://eprints.ums.ac.id/11462/ STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMEN (TGT) DALAM KONTEK PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP ISS JATIPURNO TAHUN AJARAN 2010/2011 YULIANA, VITA LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar ekonomi yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemen Division (STAD) dan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) pada bidang studi IPS Ekonomi kelas VII di SMP ISS Jatipurno. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimentasi. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP ISS Jatipurno. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP ISS Jatipurno tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 132 siswa. Sampel diambil sebanyak 88 orang siswa dengan teknik Purposif random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Metode tes sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji t-test, pengujian prasyarat analisis dengan metode Lillefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Dari analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) dengan metode pembelajran kooperatif tipe Student Teama Achievemen Division (STAD) dengan thitung = 2,893 > ttabel = 1,988. Sedangkan dengan melihat nilai rata-rata dari kedua kelas dimana nilai rata-rata kelas eksperimen = 76,4 dan nilai rata-rata kelas kontrol = 70,7 sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) lebih baik dari pada dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teama Achievemen Division (STAD) 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11462/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11462/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11462/6/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11462/8/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11462/11/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11462/13/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11462/16/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11462/19/09._LAMPIRAN.pdf YULIANA, VITA (2011) STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMEN (TGT) DALAM KONTEK PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP ISS JATIPURNO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060153
spellingShingle LB Theory and practice of education
YULIANA, VITA
STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMEN (TGT) DALAM KONTEK PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP ISS JATIPURNO TAHUN AJARAN 2010/2011
title STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMEN (TGT) DALAM KONTEK PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP ISS JATIPURNO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMEN (TGT) DALAM KONTEK PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP ISS JATIPURNO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMEN (TGT) DALAM KONTEK PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP ISS JATIPURNO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMEN (TGT) DALAM KONTEK PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP ISS JATIPURNO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMEN (TGT) DALAM KONTEK PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP ISS JATIPURNO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort studi komparasi metode pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division stad dengan metode pembelajaran kooperatif tipe teams game tournamen tgt dalam kontek prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di smp iss jatipurno tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11462/
work_keys_str_mv AT yulianavita studikomparasimetodepembelajarankooperatiftipestudentteamsachievementdivisionstaddenganmetodepembelajarankooperatiftipeteamsgametournamentgtdalamkontekprestasibelajarsiswapadamatapelajaranekonomidismpissjatipurnotahunajaran20102011