HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa FKIP Prgram Studi Pendidikan Akuntansi semester VII Tahun 2010)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) hubungan antara kemampuan awal mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa. 2) hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa. 3) hubungan secara bersamaan antara kemampuan awal mahasiswa dan kecerdasan emosional dengan prestas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YUANITA, TRIA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11456/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995346267373568
author YUANITA, TRIA
author_facet YUANITA, TRIA
author_sort YUANITA, TRIA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) hubungan antara kemampuan awal mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa. 2) hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa. 3) hubungan secara bersamaan antara kemampuan awal mahasiswa dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa FKIP Akuntansi semester VII tahun 2010 Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 170 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 114 orang siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasi sederhana, analisis korelasi linear ganda dan perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Ada hubungan positif antara kemampuan awal dengan prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ry1 sebesar 0,503 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ry2 sebesar 0,468 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada hubungan positif antara kemampuan awal dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ganda sebesar 0,590 dan nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 29,610 > 3,078. 4) Variabel kemampuan awal memberikan sumbangan efektif 19,4% dan variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif 15,4%. Jadi total sumbangan efektif adalah 34,8%, sedangkan sisanya 65,2% dipengaruhi oleh variabel lain, misalnya motivasi belajar, minat belajar, dan fasilitas belajar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11456
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11456 https://eprints.ums.ac.id/11456/ HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa FKIP Prgram Studi Pendidikan Akuntansi semester VII Tahun 2010) YUANITA, TRIA LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) hubungan antara kemampuan awal mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa. 2) hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa. 3) hubungan secara bersamaan antara kemampuan awal mahasiswa dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa FKIP Akuntansi semester VII tahun 2010 Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 170 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 114 orang siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasi sederhana, analisis korelasi linear ganda dan perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Ada hubungan positif antara kemampuan awal dengan prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ry1 sebesar 0,503 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ry2 sebesar 0,468 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada hubungan positif antara kemampuan awal dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ganda sebesar 0,590 dan nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 29,610 > 3,078. 4) Variabel kemampuan awal memberikan sumbangan efektif 19,4% dan variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif 15,4%. Jadi total sumbangan efektif adalah 34,8%, sedangkan sisanya 65,2% dipengaruhi oleh variabel lain, misalnya motivasi belajar, minat belajar, dan fasilitas belajar. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11456/1/Cover_%26_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11456/3/Skripsi_Lengkap.pdf YUANITA, TRIA (2011) HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa FKIP Prgram Studi Pendidikan Akuntansi semester VII Tahun 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070058
spellingShingle LB Theory and practice of education
YUANITA, TRIA
HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa FKIP Prgram Studi Pendidikan Akuntansi semester VII Tahun 2010)
title HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa FKIP Prgram Studi Pendidikan Akuntansi semester VII Tahun 2010)
title_full HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa FKIP Prgram Studi Pendidikan Akuntansi semester VII Tahun 2010)
title_fullStr HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa FKIP Prgram Studi Pendidikan Akuntansi semester VII Tahun 2010)
title_full_unstemmed HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa FKIP Prgram Studi Pendidikan Akuntansi semester VII Tahun 2010)
title_short HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa FKIP Prgram Studi Pendidikan Akuntansi semester VII Tahun 2010)
title_sort hubungan kemampuan awal mahasiswa dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa studi kasus mahasiswa fkip prgram studi pendidikan akuntansi semester vii tahun 2010
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11456/
work_keys_str_mv AT yuanitatria hubungankemampuanawalmahasiswadankecerdasanemosionaldenganprestasibelajarmahasiswastudikasusmahasiswafkipprgramstudipendidikanakuntansisemesterviitahun2010