PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI I BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam proses pelajaran Akuntansi melalui penerapan strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan monopoli pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri I Boyolali tahun ajaran 2010/2011. Penelitian...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSILO, AGUS
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11454/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam proses pelajaran Akuntansi melalui penerapan strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan monopoli pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri I Boyolali tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Objek penelitian adalah seluruh siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 42 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran akuntansi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan angket Hasil penelitian ini yaitu penerapan strategi pembelajaran teams games tournament (TGT) dengan media permaian monopoli dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran akuntansi pada siswa kelas XII SMA Negeri I Boyolali tahun ajaran 2010/2011. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: (1) Keaktifan siswa selama siklus I sebesar 65,99% dan meningkat menjadi 85,03% pada siklus II; (2) Hasil angket respon siswa mengenai strategi dan media yang digunakan pada siklus I dari 42 siswa yang menyatakan sangat setuju 36% dan menyatakan setuju 52%, dan pada siklus II meningkat menyadi 55% siswa menyatakan sangat setuju dan 40,70% menyatakan setuju.