STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode konvesional dengan metode peta konsep. Jenis penelitan ini adalah penelitian komperatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X SMA 2 Sukoharjo tahun ajaran...
Spremljeno u:
Glavni autor: | |
---|---|
Format: | Disertacija |
Jezik: | English English English English English English English English |
Izdano: |
2011
|
Teme: | |
Online pristup: | https://eprints.ums.ac.id/11447/ |
Oznake: |
Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
|
_version_ | 1804995344346382336 |
---|---|
author | SETYANINGSIH, TRI |
author_facet | SETYANINGSIH, TRI |
author_sort | SETYANINGSIH, TRI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode konvesional dengan metode peta konsep. Jenis penelitan ini adalah penelitian komperatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X SMA 2
Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011 Sebanyak 8 kelas yang berjumlah 328.Sampel yang di ambil 2 kelas sebanyak 82 siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi
metode konvesional dengan metode peta konsep pada siswa kelas X SMA N Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh thitung>ttabel (5,046>2,021) pada taraf signifiikansi 5% hasil belajar ekonomi pada pembelajaran menggunakan metode peta konsep (8,220) lebih tinggi dari pada hasil belajar Konvesional (7,024) atau terdapat selisih sebesar 1,196. Artinya
pembelajaran peta konsep lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11447 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11447 https://eprints.ums.ac.id/11447/ STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 SETYANINGSIH, TRI LB Theory and practice of education Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode konvesional dengan metode peta konsep. Jenis penelitan ini adalah penelitian komperatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X SMA 2 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011 Sebanyak 8 kelas yang berjumlah 328.Sampel yang di ambil 2 kelas sebanyak 82 siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi metode konvesional dengan metode peta konsep pada siswa kelas X SMA N Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh thitung>ttabel (5,046>2,021) pada taraf signifiikansi 5% hasil belajar ekonomi pada pembelajaran menggunakan metode peta konsep (8,220) lebih tinggi dari pada hasil belajar Konvesional (7,024) atau terdapat selisih sebesar 1,196. Artinya pembelajaran peta konsep lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11447/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11447/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11447/7/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11447/10/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11447/14/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11447/17/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11447/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11447/25/09._LAMPIRAN.pdf SETYANINGSIH, TRI (2011) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060048 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education SETYANINGSIH, TRI STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title | STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full | STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_short | STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_sort | studi perbandingan hasil belajar ekonomi menggunakan metode konvensional dan metode peta konsep pada siswa kelas x sekolah menengah atas negeri 2 sukoharjo tahun pelajaran 2010 2011 |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/11447/ |
work_keys_str_mv | AT setyaningsihtri studiperbandinganhasilbelajarekonomimenggunakanmetodekonvensionaldanmetodepetakonseppadasiswakelasxsekolahmenengahatasnegeri2sukoharjotahunpelajaran20102011 |