STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode konvesional dengan metode peta konsep. Jenis penelitan ini adalah penelitian komperatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X SMA 2 Sukoharjo tahun ajaran...

Volledige beschrijving

Bewaard in:
Bibliografische gegevens
Hoofdauteur: SETYANINGSIH, TRI
Formaat: Thesis
Taal:English
English
English
English
English
English
English
English
Gepubliceerd in: 2011
Onderwerpen:
Online toegang:https://eprints.ums.ac.id/11447/
Tags: Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
Omschrijving
Samenvatting:Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode konvesional dengan metode peta konsep. Jenis penelitan ini adalah penelitian komperatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X SMA 2 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011 Sebanyak 8 kelas yang berjumlah 328.Sampel yang di ambil 2 kelas sebanyak 82 siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi metode konvesional dengan metode peta konsep pada siswa kelas X SMA N Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh thitung>ttabel (5,046>2,021) pada taraf signifiikansi 5% hasil belajar ekonomi pada pembelajaran menggunakan metode peta konsep (8,220) lebih tinggi dari pada hasil belajar Konvesional (7,024) atau terdapat selisih sebesar 1,196. Artinya pembelajaran peta konsep lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa.