STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode STAD pada siswa kelas X Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitia...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11445/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995343795879936 |
---|---|
author | KHAMDANI, AGUS WALID |
author_facet | KHAMDANI, AGUS WALID |
author_sort | KHAMDANI, AGUS WALID |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode STAD pada siswa kelas X Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa PPMI Assalaam Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 4 kelas yang berjumlah 110 siswa. Sampel yang diambil 2 kelas sebanyak 55 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah t-tes.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode STAD pada siswa kelas X Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai t-tes > ttabel atau 3,664 > 2,000 pada taraf signifikansi 5%. Hasil belajar ekonomi pada pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsaw (8,515) lebih tinggi dari pada hasil belajar dengan menggunakan metode STAD (7,897) atau terdapat selisih sebesar 0,618. Artinya pembelajaran dengan metode Jigsaw lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Jigsaw dan STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11445 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11445 https://eprints.ums.ac.id/11445/ STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 KHAMDANI, AGUS WALID LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode STAD pada siswa kelas X Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa PPMI Assalaam Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 4 kelas yang berjumlah 110 siswa. Sampel yang diambil 2 kelas sebanyak 55 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah t-tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode STAD pada siswa kelas X Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai t-tes > ttabel atau 3,664 > 2,000 pada taraf signifikansi 5%. Hasil belajar ekonomi pada pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsaw (8,515) lebih tinggi dari pada hasil belajar dengan menggunakan metode STAD (7,897) atau terdapat selisih sebesar 0,618. Artinya pembelajaran dengan metode Jigsaw lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Jigsaw dan STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11445/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11445/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11445/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11445/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11445/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11445/6/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11445/8/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11445/9/09._LAMPIRAN.pdf KHAMDANI, AGUS WALID (2011) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060051 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education KHAMDANI, AGUS WALID STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title | STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full | STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_short | STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_sort | studi komparasi hasil belajar ekonomi menggunakan metode jigsaw dan metode student team achievement divisions stad pada siswa kelas x m adrasah aliyah ppmi assalaam sukoharjo tahun pelajaran 2010 2011 |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/11445/ |
work_keys_str_mv | AT khamdaniaguswalid studikomparasihasilbelajarekonomimenggunakanmetodejigsawdanmetodestudentteamachievementdivisionsstadpadasiswakelasxmadrasahaliyahppmiassalaamsukoharjotahunpelajaran20102011 |