STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode STAD pada siswa kelas X Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KHAMDANI, AGUS WALID
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11445/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995343795879936
author KHAMDANI, AGUS WALID
author_facet KHAMDANI, AGUS WALID
author_sort KHAMDANI, AGUS WALID
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode STAD pada siswa kelas X Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa PPMI Assalaam Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 4 kelas yang berjumlah 110 siswa. Sampel yang diambil 2 kelas sebanyak 55 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah t-tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode STAD pada siswa kelas X Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai t-tes > ttabel atau 3,664 > 2,000 pada taraf signifikansi 5%. Hasil belajar ekonomi pada pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsaw (8,515) lebih tinggi dari pada hasil belajar dengan menggunakan metode STAD (7,897) atau terdapat selisih sebesar 0,618. Artinya pembelajaran dengan metode Jigsaw lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Jigsaw dan STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11445
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11445 https://eprints.ums.ac.id/11445/ STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 KHAMDANI, AGUS WALID LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode STAD pada siswa kelas X Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa PPMI Assalaam Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 4 kelas yang berjumlah 110 siswa. Sampel yang diambil 2 kelas sebanyak 55 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah t-tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode STAD pada siswa kelas X Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai t-tes > ttabel atau 3,664 > 2,000 pada taraf signifikansi 5%. Hasil belajar ekonomi pada pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsaw (8,515) lebih tinggi dari pada hasil belajar dengan menggunakan metode STAD (7,897) atau terdapat selisih sebesar 0,618. Artinya pembelajaran dengan metode Jigsaw lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Jigsaw dan STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11445/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11445/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11445/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11445/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11445/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11445/6/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11445/8/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11445/9/09._LAMPIRAN.pdf KHAMDANI, AGUS WALID (2011) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060051
spellingShingle LB Theory and practice of education
KHAMDANI, AGUS WALID
STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS X M ADRASAH ALIYAH PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort studi komparasi hasil belajar ekonomi menggunakan metode jigsaw dan metode student team achievement divisions stad pada siswa kelas x m adrasah aliyah ppmi assalaam sukoharjo tahun pelajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11445/
work_keys_str_mv AT khamdaniaguswalid studikomparasihasilbelajarekonomimenggunakanmetodejigsawdanmetodestudentteamachievementdivisionsstadpadasiswakelasxmadrasahaliyahppmiassalaamsukoharjotahunpelajaran20102011