PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi. 2) Pengaruh keaktifan terhadap peningkatan prestasi belajar akuntansi. 3) Pengaruh interaksi metode kontekstual dan keaktifan belajar siswa terhadap peningkatan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARDIANTO, MUHAMMAD TAUFIQ
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11443/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995343236988928
author ARDIANTO, MUHAMMAD TAUFIQ
author_facet ARDIANTO, MUHAMMAD TAUFIQ
author_sort ARDIANTO, MUHAMMAD TAUFIQ
collection ePrints
description Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi. 2) Pengaruh keaktifan terhadap peningkatan prestasi belajar akuntansi. 3) Pengaruh interaksi metode kontekstual dan keaktifan belajar siswa terhadap peningkatan prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu, yaitu 65 siswa yang terdiri dari 2 kelas, yaitu 32 siswa untuk kelas eksperimen dan 33 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunkan angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) Metode CTL berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan akuntansi biaya, dengan nilai signifikansi 0,023 < 0,05. Rata-rata nilai prestasi belajar siswa metode pembelajaran CTL lebih besar dari siswa metode pembelajaran konvensional, yaitu 68,756 > 62,394. 2) Keaktifan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan akuntansi biaya, dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. a) Prestasi belajar siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi tidak lebih baik dari siswa yang memiliki keaktifan belajar sedang, dengan perbedaan rata-rata prestasi sebesar 7,160. b) Prestasi belajar siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki keaktifan belajar rendah dengan perbedaaan rata-rata prestasi belajar sebesar 13,741. c) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang memiliki keaktifan belajar sedang dengan siswa yang memiliki keaktifan belajar rendah, dengan perbedaaan rata-rata prestasi belajar sebesar 6,581. 3) Tidak terdapat interaksi antara metode CTL dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar, dengan nilai signifikansi 0,694 > 0,05.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11443
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11443 https://eprints.ums.ac.id/11443/ PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN ARDIANTO, MUHAMMAD TAUFIQ LB Theory and practice of education Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi. 2) Pengaruh keaktifan terhadap peningkatan prestasi belajar akuntansi. 3) Pengaruh interaksi metode kontekstual dan keaktifan belajar siswa terhadap peningkatan prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu, yaitu 65 siswa yang terdiri dari 2 kelas, yaitu 32 siswa untuk kelas eksperimen dan 33 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunkan angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) Metode CTL berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan akuntansi biaya, dengan nilai signifikansi 0,023 < 0,05. Rata-rata nilai prestasi belajar siswa metode pembelajaran CTL lebih besar dari siswa metode pembelajaran konvensional, yaitu 68,756 > 62,394. 2) Keaktifan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan akuntansi biaya, dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. a) Prestasi belajar siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi tidak lebih baik dari siswa yang memiliki keaktifan belajar sedang, dengan perbedaan rata-rata prestasi sebesar 7,160. b) Prestasi belajar siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki keaktifan belajar rendah dengan perbedaaan rata-rata prestasi belajar sebesar 13,741. c) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang memiliki keaktifan belajar sedang dengan siswa yang memiliki keaktifan belajar rendah, dengan perbedaaan rata-rata prestasi belajar sebesar 6,581. 3) Tidak terdapat interaksi antara metode CTL dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar, dengan nilai signifikansi 0,694 > 0,05. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11443/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11443/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11443/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11443/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11443/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11443/7/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11443/9/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11443/17/09._LAMPIRAN.pdf ARDIANTO, MUHAMMAD TAUFIQ (2011) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060111
spellingShingle LB Theory and practice of education
ARDIANTO, MUHAMMAD TAUFIQ
PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN
title PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN
title_full PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN
title_fullStr PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN
title_full_unstemmed PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN
title_short PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN
title_sort pengaruh pendekatan kontekstual dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas xii akuntansi smk muhammadiyah delanggu tahun ajaran
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11443/
work_keys_str_mv AT ardiantomuhammadtaufiq pengaruhpendekatankontekstualdankeaktifansiswaterhadapprestasibelajarakuntansipadasiswakelasxiiakuntansismkmuhammadiyahdelanggutahunajaran