PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh positif pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 2) Pengaruh positif frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 3) Pengaruh positif pola belajar dan frekuensi belajar te...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11435/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995341032882176 |
---|---|
author | SUMARNO, DIDIK |
author_facet | SUMARNO, DIDIK |
author_sort | SUMARNO, DIDIK |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh positif pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 2) Pengaruh positif frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 3) Pengaruh positif pola belajar dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA N 1 Jumapolo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa IPS kelas XI SMA N 1 Jumapolo Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 160 siswa. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif dan signifikan pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,809 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,504 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan pola belajar siswa dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 17,410 > 3,252 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4. Variabel pola belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 53,4% dan sumbangan efektif 25,9%. Variabel frekuensi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 46,6% dan sumbangan efektif 22,6%. Dengan membandingkan nilai sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel pola belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel frekuensi belajar.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11435 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11435 https://eprints.ums.ac.id/11435/ PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010 SUMARNO, DIDIK LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh positif pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 2) Pengaruh positif frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 3) Pengaruh positif pola belajar dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA N 1 Jumapolo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa IPS kelas XI SMA N 1 Jumapolo Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 160 siswa. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif dan signifikan pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,809 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,504 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan pola belajar siswa dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 17,410 > 3,252 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4. Variabel pola belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 53,4% dan sumbangan efektif 25,9%. Variabel frekuensi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 46,6% dan sumbangan efektif 22,6%. Dengan membandingkan nilai sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel pola belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel frekuensi belajar. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11435/1/2._COVER_%2B_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11435/3/SKRIPSI_TOTAL.pdf SUMARNO, DIDIK (2011) PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060138 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education SUMARNO, DIDIK PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010 |
title | PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010 |
title_full | PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010 |
title_fullStr | PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010 |
title_full_unstemmed | PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010 |
title_short | PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010 |
title_sort | pengaruh pola belajar dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas xi sma n 1 jumapolo tahun ajaran 2009 2010 |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/11435/ |
work_keys_str_mv | AT sumarnodidik pengaruhpolabelajardanfrekuensibelajarterhadapprestasibelajarmatapelajaranekonomisiswakelasxisman1jumapolotahunajaran20092010 |