PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh positif pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 2) Pengaruh positif frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 3) Pengaruh positif pola belajar dan frekuensi belajar te...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUMARNO, DIDIK
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11435/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995341032882176
author SUMARNO, DIDIK
author_facet SUMARNO, DIDIK
author_sort SUMARNO, DIDIK
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh positif pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 2) Pengaruh positif frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 3) Pengaruh positif pola belajar dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA N 1 Jumapolo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa IPS kelas XI SMA N 1 Jumapolo Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 160 siswa. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif dan signifikan pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,809 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,504 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan pola belajar siswa dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 17,410 > 3,252 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4. Variabel pola belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 53,4% dan sumbangan efektif 25,9%. Variabel frekuensi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 46,6% dan sumbangan efektif 22,6%. Dengan membandingkan nilai sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel pola belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel frekuensi belajar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11435
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11435 https://eprints.ums.ac.id/11435/ PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010 SUMARNO, DIDIK LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh positif pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 2) Pengaruh positif frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 3) Pengaruh positif pola belajar dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA N 1 Jumapolo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa IPS kelas XI SMA N 1 Jumapolo Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 160 siswa. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif dan signifikan pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,809 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,504 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan pola belajar siswa dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 17,410 > 3,252 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4. Variabel pola belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 53,4% dan sumbangan efektif 25,9%. Variabel frekuensi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 46,6% dan sumbangan efektif 22,6%. Dengan membandingkan nilai sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel pola belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel frekuensi belajar. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11435/1/2._COVER_%2B_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11435/3/SKRIPSI_TOTAL.pdf SUMARNO, DIDIK (2011) PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060138
spellingShingle LB Theory and practice of education
SUMARNO, DIDIK
PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010
title PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort pengaruh pola belajar dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas xi sma n 1 jumapolo tahun ajaran 2009 2010
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11435/
work_keys_str_mv AT sumarnodidik pengaruhpolabelajardanfrekuensibelajarterhadapprestasibelajarmatapelajaranekonomisiswakelasxisman1jumapolotahunajaran20092010