PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WIDODAREN NGAWI TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, 2) mengetahui pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, 3) mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SAPUTRI, CHINTAMI DHENIS
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11429/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995339388715008
author SAPUTRI, CHINTAMI DHENIS
author_facet SAPUTRI, CHINTAMI DHENIS
author_sort SAPUTRI, CHINTAMI DHENIS
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, 2) mengetahui pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, 3) mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif atau bisa disebut deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menganalisis dan mengklasifikasi dengan menggunakan angket dan mencoba mengungkapkan suatu fenomena dengan melakukan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Widodaren yang secara keseluruhan sebanyak 245 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 15% dari populasi yaitu sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Angket yang disusun terlebih dahulu diuji cobakan dan diuji validitas serta reliabilitas untuk mengetahui tingkat kesahihan dan keandalan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, uji t dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil analisis regresi linear diperoleh persamaan Y = 0,05116 + 0,927x1 + 1,210x2.. Persamaan menunjukan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh fasilitas belajar dan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil diatas dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Pemanfaatan fasilitas belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan oleh harga thitung sebesar 2,145 > ttabel sebesar 2,04. Pemanfaatan fasilitas belajar siswa memberikan kontribusi sebesar 12% terhadap prestasi belajar siswa. 2) keaktifan belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh harga thitung sebesar 5,423 > ttabel sebesar 2,04. Keaktifan belajar memberikan kontribusi sebesar 47,3% terhadap prestasi belajar siswa. Pemanfaatan fasilitas belajar dan Keaktifan belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis regresi diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (23,306 >3,09) dan diterima pada taraf signifikansi 5%. Pemanfaatan fasilitas belajar dan keaktifan belajar siswa memberikan kontribusi sebesar 59,3% terhadap prestasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11429
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11429 https://eprints.ums.ac.id/11429/ PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WIDODAREN NGAWI TAHUN AJARAN 2010/2011 SAPUTRI, CHINTAMI DHENIS LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, 2) mengetahui pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, 3) mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif atau bisa disebut deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menganalisis dan mengklasifikasi dengan menggunakan angket dan mencoba mengungkapkan suatu fenomena dengan melakukan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Widodaren yang secara keseluruhan sebanyak 245 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 15% dari populasi yaitu sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Angket yang disusun terlebih dahulu diuji cobakan dan diuji validitas serta reliabilitas untuk mengetahui tingkat kesahihan dan keandalan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, uji t dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil analisis regresi linear diperoleh persamaan Y = 0,05116 + 0,927x1 + 1,210x2.. Persamaan menunjukan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh fasilitas belajar dan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil diatas dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Pemanfaatan fasilitas belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan oleh harga thitung sebesar 2,145 > ttabel sebesar 2,04. Pemanfaatan fasilitas belajar siswa memberikan kontribusi sebesar 12% terhadap prestasi belajar siswa. 2) keaktifan belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh harga thitung sebesar 5,423 > ttabel sebesar 2,04. Keaktifan belajar memberikan kontribusi sebesar 47,3% terhadap prestasi belajar siswa. Pemanfaatan fasilitas belajar dan Keaktifan belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis regresi diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (23,306 >3,09) dan diterima pada taraf signifikansi 5%. Pemanfaatan fasilitas belajar dan keaktifan belajar siswa memberikan kontribusi sebesar 59,3% terhadap prestasi belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11429/1/Cover_%2B_Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11429/3/Skripsi_Komplit.pdf SAPUTRI, CHINTAMI DHENIS (2011) PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WIDODAREN NGAWI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060106
spellingShingle LB Theory and practice of education
SAPUTRI, CHINTAMI DHENIS
PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WIDODAREN NGAWI TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WIDODAREN NGAWI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WIDODAREN NGAWI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WIDODAREN NGAWI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WIDODAREN NGAWI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WIDODAREN NGAWI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ips siswa kelas viii smp negeri 1 widodaren ngawi tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11429/
work_keys_str_mv AT saputrichintamidhenis pengaruhpemanfaatanfasilitasbelajardankeaktifanbelajarsiswaterhadapprestasibelajarsiswapadamatapelajaranipssiswakelasviiismpnegeri1widodarenngawitahunajaran20102011