PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru seca...

תיאור מלא

שמור ב:
מידע ביבליוגרפי
מחבר ראשי: KASRIYATUN, KASRIYATUN
פורמט: Thesis
שפה:English
English
יצא לאור: 2011
נושאים:
גישה מקוונת:https://eprints.ums.ac.id/11427/
תגים: הוספת תג
אין תגיות, היה/י הראשונ/ה לתייג את הרשומה!
_version_ 1804995338838212608
author KASRIYATUN, KASRIYATUN
author_facet KASRIYATUN, KASRIYATUN
author_sort KASRIYATUN, KASRIYATUN
collection ePrints
description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Kartasura tahun ajaran 2009/2010 sejumlah 182 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 46 orang siswa (25%) yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 5,704 + 1,029.X1 + 0,902.X¬2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi siswa dipengaruhi oleh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Motivasi berprestasi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 6,313 > ttabel (2,021) dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi adalah sebesar 46%; 2) Persepsi siswa tentang profesionalisme guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 4,372 > ttabel (2,021) dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi adalah sebesar 28,6%; 3) Motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 63,294 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,23 pada taraf signifikansi 5%; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,746 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa adalah sebesar 74,6%, sedangkan 25,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya metode pembelajaran, lingkungan belajar, bimbingan orang tua, dan sebagainya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11427
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11427 https://eprints.ums.ac.id/11427/ PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010 KASRIYATUN, KASRIYATUN LB Theory and practice of education Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Kartasura tahun ajaran 2009/2010 sejumlah 182 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 46 orang siswa (25%) yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 5,704 + 1,029.X1 + 0,902.X¬2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi siswa dipengaruhi oleh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Motivasi berprestasi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 6,313 > ttabel (2,021) dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi adalah sebesar 46%; 2) Persepsi siswa tentang profesionalisme guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 4,372 > ttabel (2,021) dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi adalah sebesar 28,6%; 3) Motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 63,294 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,23 pada taraf signifikansi 5%; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,746 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa adalah sebesar 74,6%, sedangkan 25,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya metode pembelajaran, lingkungan belajar, bimbingan orang tua, dan sebagainya. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11427/1/File_2._Cover__dan_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11427/3/File_1._Skripsi_Kasriyatun.pdf KASRIYATUN, KASRIYATUN (2011) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060067
spellingShingle LB Theory and practice of education
KASRIYATUN, KASRIYATUN
PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010
title PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas xi sekolah menengah atas negeri i kartasura tahun ajaran 2009 2010
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11427/
work_keys_str_mv AT kasriyatunkasriyatun pengaruhmotivasiberprestasidanpersepsisiswatentangprofesionalismeguruterhadapprestasibelajarakuntansipadasiswakelasxisekolahmenengahatasnegeriikartasuratahunajaran20092010