PENGARUH INTELEGENSI DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh intelegensi terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) pengaruh intelegensi dan kreativitas terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: PURWANINGSIH, IIN
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2011
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/11425/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
_version_ 1804995338291904512
author PURWANINGSIH, IIN
author_facet PURWANINGSIH, IIN
author_sort PURWANINGSIH, IIN
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh intelegensi terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) pengaruh intelegensi dan kreativitas terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri I Bendosari Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri I Bendosari Sukoharjo yang berjumlah 277 siswa. Sampel diambil sebanyak 155 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t) dan uji keberartian regresi linear ganda (uji F), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Persamaan regresi linear ganda yang diperoleh adalah Y = 0,647 + 0,395X1 + 0,484X2. 2) Intelegensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,495 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,487 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Intelegensi dan kreativitas secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 50,135 > 3,056 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Variabel intelegensi memberikan sumbangan efektif 22,5%. Variabel kreativitas memberikan sumbangan efektif 17,2%. Jadi total sumbangan efektif adalah 39,7%, sedangkan sisanya 60,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel intelegensi memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel kreativitas.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11425
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11425 https://eprints.ums.ac.id/11425/ PENGARUH INTELEGENSI DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 PURWANINGSIH, IIN LC Special aspects of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh intelegensi terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) pengaruh intelegensi dan kreativitas terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri I Bendosari Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri I Bendosari Sukoharjo yang berjumlah 277 siswa. Sampel diambil sebanyak 155 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t) dan uji keberartian regresi linear ganda (uji F), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Persamaan regresi linear ganda yang diperoleh adalah Y = 0,647 + 0,395X1 + 0,484X2. 2) Intelegensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,495 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,487 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Intelegensi dan kreativitas secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 50,135 > 3,056 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Variabel intelegensi memberikan sumbangan efektif 22,5%. Variabel kreativitas memberikan sumbangan efektif 17,2%. Jadi total sumbangan efektif adalah 39,7%, sedangkan sisanya 60,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel intelegensi memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel kreativitas. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11425/1/02._HAL_DEPAN_.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11425/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11425/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11425/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11425/7/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11425/9/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11425/13/08._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11425/17/09._lampiran-lampiran.pdf PURWANINGSIH, IIN (2011) PENGARUH INTELEGENSI DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060042
spellingShingle LC Special aspects of education
PURWANINGSIH, IIN
PENGARUH INTELEGENSI DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title PENGARUH INTELEGENSI DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full PENGARUH INTELEGENSI DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr PENGARUH INTELEGENSI DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENGARUH INTELEGENSI DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short PENGARUH INTELEGENSI DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort pengaruh intelegensi dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas viii smp negeri 1 bendosari sukoharjo tahun pelajaran 2010 2011
topic LC Special aspects of education
url https://eprints.ums.ac.id/11425/
work_keys_str_mv AT purwaningsihiin pengaruhintelegensidankreativitassiswaterhadapprestasibelajarekonomipadasiswakelasviiismpnegeri1bendosarisukoharjotahunpelajaran20102011