PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TEKNOLOGI INFORMASI YANG HARUS DIKUASAI OLEH AKUNTAN PUBLIK (SURVEY PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SURAKARTA)

Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dan mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi terhadap teknologi informasi yang harus dikuasai oleh akuntan dalam mengamati cakupan muatan teknologi informasi dalam kurikulum pendidikan tinggi akuntansi serta melihat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DEWI, SARI KURNIA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11424/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995338018226176
author DEWI, SARI KURNIA
author_facet DEWI, SARI KURNIA
author_sort DEWI, SARI KURNIA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dan mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi terhadap teknologi informasi yang harus dikuasai oleh akuntan dalam mengamati cakupan muatan teknologi informasi dalam kurikulum pendidikan tinggi akuntansi serta melihat pendapat kedua kelompok terhadap peranan akuntan dalam perancangan system informasi berbasis komputer. Pengujian dilakukan terhadap data yang diperoleh dari kuesioner sebanyak 209 responden yang terdiri dari 37 responden yang berprofesi sebagai akuntan pendidik dan 172 responden yang berasal dari mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi pada Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta. Berdasarkan hasil jajak pendapat terhadap cakupan muatan teknologi informasi yang harus dikuasai oleh akuntan publik, peneliti menemukan bahwakurikulum pendidikan tinggi akuntansi dianggap kurang mampu memberi bekal pengetahuan teknologi informasi untuk terjun kedunia kerja yang berbasis komputer. Sebagian besar responden mengusulkan sebaiknya pengetahuan teknologi informasi diperluas dengan mengintegrasikan kemata kuliah tertentu.Hasil analisis data dengan menggunakan mann whitney u test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan persepsi mahasiswa dan persepsi akuntan pendidik terhadap pengetahuan teknologi informasi tentang keyboard, software, hardware, rancang sistem, paket akuntansi,pemograman dan praktik sederhana. Hal ini dapat diketahui dari nilai probabilitas hitung lebih besar dari nilai probabilitas penelitian 0,05. Sedangkan EDP audit, dan jaringan (network) terdapat perbedaan persepsi mahasiswa fakultas ekonomi akuntansi dan persepsi akuntan pendidik. Hal ini dapat diketahui dari nilai probabilitas hitung lebih kecil dari nilai probabilitas penelitian 0,05. secara keseluruhan tidak ada perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap teknologi informasi yang harus dikuasai oleh akuntan, hal ini berdasarkan uji independent sample test dengan nilai probabilita ssebesar 0,389.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11424
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11424 https://eprints.ums.ac.id/11424/ PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TEKNOLOGI INFORMASI YANG HARUS DIKUASAI OLEH AKUNTAN PUBLIK (SURVEY PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SURAKARTA) DEWI, SARI KURNIA HG Finance Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dan mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi terhadap teknologi informasi yang harus dikuasai oleh akuntan dalam mengamati cakupan muatan teknologi informasi dalam kurikulum pendidikan tinggi akuntansi serta melihat pendapat kedua kelompok terhadap peranan akuntan dalam perancangan system informasi berbasis komputer. Pengujian dilakukan terhadap data yang diperoleh dari kuesioner sebanyak 209 responden yang terdiri dari 37 responden yang berprofesi sebagai akuntan pendidik dan 172 responden yang berasal dari mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi pada Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta. Berdasarkan hasil jajak pendapat terhadap cakupan muatan teknologi informasi yang harus dikuasai oleh akuntan publik, peneliti menemukan bahwakurikulum pendidikan tinggi akuntansi dianggap kurang mampu memberi bekal pengetahuan teknologi informasi untuk terjun kedunia kerja yang berbasis komputer. Sebagian besar responden mengusulkan sebaiknya pengetahuan teknologi informasi diperluas dengan mengintegrasikan kemata kuliah tertentu.Hasil analisis data dengan menggunakan mann whitney u test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan persepsi mahasiswa dan persepsi akuntan pendidik terhadap pengetahuan teknologi informasi tentang keyboard, software, hardware, rancang sistem, paket akuntansi,pemograman dan praktik sederhana. Hal ini dapat diketahui dari nilai probabilitas hitung lebih besar dari nilai probabilitas penelitian 0,05. Sedangkan EDP audit, dan jaringan (network) terdapat perbedaan persepsi mahasiswa fakultas ekonomi akuntansi dan persepsi akuntan pendidik. Hal ini dapat diketahui dari nilai probabilitas hitung lebih kecil dari nilai probabilitas penelitian 0,05. secara keseluruhan tidak ada perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap teknologi informasi yang harus dikuasai oleh akuntan, hal ini berdasarkan uji independent sample test dengan nilai probabilita ssebesar 0,389. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11424/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11424/2/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11424/3/Bab_23.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11424/5/Bab_45.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11424/7/Dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11424/13/Lampiran.pdf DEWI, SARI KURNIA (2007) PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TEKNOLOGI INFORMASI YANG HARUS DIKUASAI OLEH AKUNTAN PUBLIK (SURVEY PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SURAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B200030301
spellingShingle HG Finance
DEWI, SARI KURNIA
PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TEKNOLOGI INFORMASI YANG HARUS DIKUASAI OLEH AKUNTAN PUBLIK (SURVEY PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SURAKARTA)
title PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TEKNOLOGI INFORMASI YANG HARUS DIKUASAI OLEH AKUNTAN PUBLIK (SURVEY PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SURAKARTA)
title_full PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TEKNOLOGI INFORMASI YANG HARUS DIKUASAI OLEH AKUNTAN PUBLIK (SURVEY PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SURAKARTA)
title_fullStr PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TEKNOLOGI INFORMASI YANG HARUS DIKUASAI OLEH AKUNTAN PUBLIK (SURVEY PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SURAKARTA)
title_full_unstemmed PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TEKNOLOGI INFORMASI YANG HARUS DIKUASAI OLEH AKUNTAN PUBLIK (SURVEY PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SURAKARTA)
title_short PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TEKNOLOGI INFORMASI YANG HARUS DIKUASAI OLEH AKUNTAN PUBLIK (SURVEY PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SURAKARTA)
title_sort persepsi akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap teknologi informasi yang harus dikuasai oleh akuntan publik survey pada perguruan tinggi swasta di surakarta
topic HG Finance
url https://eprints.ums.ac.id/11424/
work_keys_str_mv AT dewisarikurnia persepsiakuntanpendidikdanmahasiswaakuntansiterhadapteknologiinformasiyangharusdikuasaiolehakuntanpubliksurveypadaperguruantinggiswastadisurakarta