PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar IPS. 2) pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS. 3) pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari kecerdasan emosional dan motivasi belaj...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: WANINDA, ASTRIANA RENGGANIS
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/11423/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
_version_ 1804995337747693568
author WANINDA, ASTRIANA RENGGANIS
author_facet WANINDA, ASTRIANA RENGGANIS
author_sort WANINDA, ASTRIANA RENGGANIS
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar IPS. 2) pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS. 3) pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan teknik survey. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta dengan jumlah seluruhnya 212 siswa. Sampel diambil sebanyak 60 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,926 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,919 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 26,144 > 3,159 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif 19,6% dan variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 28,2%. Jadi total sumbangan efektif adalah 47,8%, sedangkan sisanya 52,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ditelit
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11423
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11423 https://eprints.ums.ac.id/11423/ PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 WANINDA, ASTRIANA RENGGANIS LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar IPS. 2) pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS. 3) pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan teknik survey. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta dengan jumlah seluruhnya 212 siswa. Sampel diambil sebanyak 60 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,926 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,919 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 26,144 > 3,159 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif 19,6% dan variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 28,2%. Jadi total sumbangan efektif adalah 47,8%, sedangkan sisanya 52,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ditelit 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11423/1/02._HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11423/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11423/5/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11423/7/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11423/12/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11423/14/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11423/16/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11423/24/09._Lampiran.pdf WANINDA, ASTRIANA RENGGANIS (2011) PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070029
spellingShingle LB Theory and practice of education
WANINDA, ASTRIANA RENGGANIS
PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort prestasi belajar ips ditinjau dari kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa kelas viii smp muhammadiyah 4 surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11423/
work_keys_str_mv AT wanindaastrianarengganis prestasibelajaripsditinjaudarikecerdasanemosionaldanmotivasibelajarsiswakelasviiismpmuhammadiyah4surakartatahunajaran20102011