PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar IPS. 2) pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS. 3) pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari kecerdasan emosional dan motivasi belaj...

Бүрэн тодорхойлолт

-д хадгалсан:
Номзүйн дэлгэрэнгүй
Үндсэн зохиолч: WANINDA, ASTRIANA RENGGANIS
Формат: Дипломын ажил
Хэл сонгох:English
English
English
English
English
English
English
English
Хэвлэсэн: 2011
Нөхцлүүд:
Онлайн хандалт:https://eprints.ums.ac.id/11423/
Шошгууд: Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
Тодорхойлолт
Тойм:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar IPS. 2) pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS. 3) pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan teknik survey. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta dengan jumlah seluruhnya 212 siswa. Sampel diambil sebanyak 60 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,926 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,919 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 26,144 > 3,159 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif 19,6% dan variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 28,2%. Jadi total sumbangan efektif adalah 47,8%, sedangkan sisanya 52,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ditelit