PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 BATURETNO TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang positif kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar akuntansi 2) pengaruh yang positif kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akuntansi 3) pengaruh yang positif kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi b...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIBOWO, HARI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11421/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995337199288320
author WIBOWO, HARI
author_facet WIBOWO, HARI
author_sort WIBOWO, HARI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang positif kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar akuntansi 2) pengaruh yang positif kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akuntansi 3) pengaruh yang positif kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Baturetno. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baturetno tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 179. Sampel diambil sebanyak 45 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kecerdasan emosional pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri I Baturetno tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,627 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri I Baturetno tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,368 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 3) Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri I Baturetno tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 14,699 > 3,220 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif 21,9%. Variabel kecerdasan spiritual memberikan sumbangan efektif 19,3%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan variabel kecerdasan spiritual.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11421
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11421 https://eprints.ums.ac.id/11421/ PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 BATURETNO TAHUN AJARAN 2009/2010 WIBOWO, HARI LC Special aspects of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang positif kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar akuntansi 2) pengaruh yang positif kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akuntansi 3) pengaruh yang positif kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Baturetno. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baturetno tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 179. Sampel diambil sebanyak 45 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kecerdasan emosional pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri I Baturetno tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,627 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri I Baturetno tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,368 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 3) Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri I Baturetno tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 14,699 > 3,220 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif 21,9%. Variabel kecerdasan spiritual memberikan sumbangan efektif 19,3%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan variabel kecerdasan spiritual. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11421/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11421/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11421/8/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11421/10/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11421/14/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11421/17/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11421/19/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11421/24/09._LAMPIRAN.pdf WIBOWO, HARI (2011) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 BATURETNO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060140
spellingShingle LC Special aspects of education
WIBOWO, HARI
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 BATURETNO TAHUN AJARAN 2009/2010
title PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 BATURETNO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 BATURETNO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 BATURETNO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 BATURETNO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 BATURETNO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas xi ilmu pengetahuan sosial ips sekolah menengah atas sma negeri 1 baturetno tahun ajaran 2009 2010
topic LC Special aspects of education
url https://eprints.ums.ac.id/11421/
work_keys_str_mv AT wibowohari pengaruhkecerdasanemosionaldankecerdasanspiritualterhadapprestasibelajarakuntansipadasiswakelasxiilmupengetahuansosialipssekolahmenengahatassmanegeri1baturetnotahunajaran20092010