PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 BATURETNO TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang positif kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar akuntansi 2) pengaruh yang positif kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akuntansi 3) pengaruh yang positif kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi b...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: WIBOWO, HARI
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/11421/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang positif kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar akuntansi 2) pengaruh yang positif kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akuntansi 3) pengaruh yang positif kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Baturetno. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baturetno tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 179. Sampel diambil sebanyak 45 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kecerdasan emosional pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri I Baturetno tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,627 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri I Baturetno tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,368 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 3) Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri I Baturetno tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 14,699 > 3,220 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif 21,9%. Variabel kecerdasan spiritual memberikan sumbangan efektif 19,3%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan variabel kecerdasan spiritual.