PENGARUH BIAYA SALURAN DISTRIBUSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. COKRO SUPERTIRTA KLATEN

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh biaya saluran distribusi terhadap volume penjualan; 2) pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan; 3) pengaruh biaya saluran distribusi dan biaya promosi terhadap volume penjualan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskrip...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: Adiyanto, Putut
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11418/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh biaya saluran distribusi terhadap volume penjualan; 2) pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan; 3) pengaruh biaya saluran distribusi dan biaya promosi terhadap volume penjualan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang menggambarkan keadaan obyek penelitian apa adanya dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di PT. Cokro Super Tirta Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data saluran distribusi, biaya promosi, dan volume penjualan PT. Cokro Super Tirta Klaten dari berdiri hingga tahun 2009. Sampel diambil sebanyak 4 tahun yaitu tahun 2006 – 2009. Data yang diperlukan diperoleh melalui teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R 2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperole h persamaan garis regresi: Y = 49.229.042,747 + 2,879 (X1) + 2,367 (X2). Persamaan menunjukkan ba hwa biaya saluran distribusi dan biaya promosi berpengaruh terhadap volume penjualan. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Terdapat pengaruh biaya saluran distribusi terhadap volume penjualan pada PT. Cokro Super Tirta Klaten. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang mendapatkan thitung sebesar 3,024 lebih besar daripada ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5%. Biaya saluran distribusi memberikan sumbangan efektif 47,1% terhadap volume penjualan; 2) Terdapat pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT.Cokro Super Tirta Klaten. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang mendapatkan thitung sebesar 2,829 lebih besar daripada ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5%. Biaya promosi memberikan sumbangan efektif 44% terhadap volume penjua lan; 3) Terdapat pengaruh biaya saluran distribusi dan biaya promosi secara bersama-sama terhadap volume penjualan pada PT.Cokro Super Tirta Klaten. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang mendapatkan Fhitung sebesar 230,885 lebih besar daripada Ftabel (3,23) pada taraf signifikansi 5% Biaya saluran distribusi dan biaya promosi memberikan total sumbangan sebesar 91,1% terhadap volume penjualan.