PENGARUH BIAYA SALURAN DISTRIBUSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. COKRO SUPERTIRTA KLATEN
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh biaya saluran distribusi terhadap volume penjualan; 2) pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan; 3) pengaruh biaya saluran distribusi dan biaya promosi terhadap volume penjualan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskrip...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11418/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh biaya saluran distribusi terhadap volume penjualan; 2) pengaruh biaya promosi terhadap volume
penjualan; 3) pengaruh biaya saluran distribusi dan biaya promosi terhadap volume penjualan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang menggambarkan keadaan
obyek penelitian apa adanya dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di PT. Cokro Super Tirta Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data saluran distribusi, biaya promosi, dan volume penjualan PT. Cokro Super Tirta Klaten dari berdiri hingga tahun 2009. Sampel diambil sebanyak 4
tahun yaitu tahun 2006 – 2009. Data yang diperlukan diperoleh melalui teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda,
uji F, uji t, uji R 2, dan sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi memperole h persamaan garis regresi: Y = 49.229.042,747 + 2,879 (X1) + 2,367 (X2). Persamaan menunjukkan ba hwa biaya saluran distribusi dan biaya promosi berpengaruh terhadap volume penjualan. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Terdapat pengaruh biaya saluran distribusi terhadap volume penjualan pada PT. Cokro
Super Tirta Klaten. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang mendapatkan thitung sebesar 3,024 lebih besar daripada ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5%. Biaya saluran distribusi memberikan sumbangan efektif 47,1% terhadap volume penjualan; 2) Terdapat pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT.Cokro Super Tirta Klaten. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang mendapatkan thitung sebesar 2,829 lebih besar daripada ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5%. Biaya promosi memberikan sumbangan efektif 44% terhadap volume penjua lan; 3) Terdapat pengaruh biaya saluran distribusi dan
biaya promosi secara bersama-sama terhadap volume penjualan pada PT.Cokro Super Tirta Klaten. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang mendapatkan Fhitung sebesar
230,885 lebih besar daripada Ftabel (3,23) pada taraf signifikansi 5% Biaya saluran distribusi dan biaya promosi memberikan total sumbangan sebesar 91,1% terhadap
volume penjualan. |
---|