ANALISIS JANUARY EFFECT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA

January effect merupakan suatu bentuk fenomena yang merupakan bentuk penyimpangan terhadap bentuk pasar modal yang efisien, di mana rata-rata return bulan Januari lebih tinggi dari pada bulan-bulan lainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat January effect pada pe...

Deskribapen osoa

Gorde:
Xehetasun bibliografikoak
Egile nagusia: SUSILOWATI , ERNA
Formatua: Thesis
Hizkuntza:English
English
English
English
English
English
Argitaratua: 2007
Gaiak:
Sarrera elektronikoa:https://eprints.ums.ac.id/11417/
Etiketak: Etiketa erantsi
Etiketarik gabe, Izan zaitez lehena erregistro honi etiketa jartzen!
_version_ 1804995336109817856
author SUSILOWATI , ERNA
author_facet SUSILOWATI , ERNA
author_sort SUSILOWATI , ERNA
collection ePrints
description January effect merupakan suatu bentuk fenomena yang merupakan bentuk penyimpangan terhadap bentuk pasar modal yang efisien, di mana rata-rata return bulan Januari lebih tinggi dari pada bulan-bulan lainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat January effect pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta periode 2004. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa data harga saham per hari perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Jakarta yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory. Sampel yang diambil sebanyak 58 perusahaan. Untuk menguji hipotesis yang ditetapkan digunakan alat analisis regresi berganda dengan menggunakan dummy variable. Berdasar uji regresi berganda dengan menggunaan dummy variable diperoleh hasil konstanta (α) bernilai positif sedangkan kofisien regresi (β1 … β11) bernilai negatif atau lebih kecil konstanta (α), hal ini menunjukkan bahwa return rata-rata di bulan Januari memang lebih tinggi dibandingkan dengan return rata-rata di bulan-bulan yang lain. Pada bulan November diperoleh nilai koefisien regresi (β10) bernilai > nilai konstanta (α), hal ini disebabkan pada bulan November pengaruh hari raya Idul Fitri didukung dengan stabilitas ekonomi, iklim politik yang stabil, melemahnya dolar Amerika Serikat atas mata uang dunia, serta turunnya harga minyak dunia sehingga membuat para investor bersemangat untuk melakukan transaksi di Bursa Jakarta. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat January Effect pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta terbukti pada penelitian ini.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11417
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11417 https://eprints.ums.ac.id/11417/ ANALISIS JANUARY EFFECT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA SUSILOWATI , ERNA HG Finance January effect merupakan suatu bentuk fenomena yang merupakan bentuk penyimpangan terhadap bentuk pasar modal yang efisien, di mana rata-rata return bulan Januari lebih tinggi dari pada bulan-bulan lainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat January effect pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta periode 2004. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa data harga saham per hari perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Jakarta yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory. Sampel yang diambil sebanyak 58 perusahaan. Untuk menguji hipotesis yang ditetapkan digunakan alat analisis regresi berganda dengan menggunakan dummy variable. Berdasar uji regresi berganda dengan menggunaan dummy variable diperoleh hasil konstanta (α) bernilai positif sedangkan kofisien regresi (β1 … β11) bernilai negatif atau lebih kecil konstanta (α), hal ini menunjukkan bahwa return rata-rata di bulan Januari memang lebih tinggi dibandingkan dengan return rata-rata di bulan-bulan yang lain. Pada bulan November diperoleh nilai koefisien regresi (β10) bernilai > nilai konstanta (α), hal ini disebabkan pada bulan November pengaruh hari raya Idul Fitri didukung dengan stabilitas ekonomi, iklim politik yang stabil, melemahnya dolar Amerika Serikat atas mata uang dunia, serta turunnya harga minyak dunia sehingga membuat para investor bersemangat untuk melakukan transaksi di Bursa Jakarta. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat January Effect pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta terbukti pada penelitian ini. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11417/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11417/2/09_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11417/3/10_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11417/4/11_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11417/5/12_BAB_IV%2C_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11417/6/Lampiran.pdf SUSILOWATI , ERNA (2007) ANALISIS JANUARY EFFECT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B200030293
spellingShingle HG Finance
SUSILOWATI , ERNA
ANALISIS JANUARY EFFECT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA
title ANALISIS JANUARY EFFECT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA
title_full ANALISIS JANUARY EFFECT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA
title_fullStr ANALISIS JANUARY EFFECT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA
title_full_unstemmed ANALISIS JANUARY EFFECT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA
title_short ANALISIS JANUARY EFFECT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA
title_sort analisis january effect pada perusahaan manufaktur di bursa efek jakarta
topic HG Finance
url https://eprints.ums.ac.id/11417/
work_keys_str_mv AT susilowatierna analisisjanuaryeffectpadaperusahaanmanufakturdibursaefekjakarta