PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh pola asuh orang tua dengan prestasi belajar akuntansi 2) pengaruh status sosial dengan prestasi belajar akuntansi 3) pengaruh antara pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi dengan prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adal...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DARIYANTI, DARIYANTI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11416/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995335839285248
author DARIYANTI, DARIYANTI
author_facet DARIYANTI, DARIYANTI
author_sort DARIYANTI, DARIYANTI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh pola asuh orang tua dengan prestasi belajar akuntansi 2) pengaruh status sosial dengan prestasi belajar akuntansi 3) pengaruh antara pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi dengan prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI jurusan IPS SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 150 siswa. Sampel diambil sebanyak 105 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Pola asuh orang tua pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,632 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Status sosial ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,033 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 32,849 > 3,085 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel pola asuh orang tua memberikan sumbangan efektif 21,5%. Variabel status sosial ekonomi memberikan sumbangan efektif 17,7%. Dengan demikian nampak bahwa variabel pola asuh orang tua memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel status sosial ekonomi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11416
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11416 https://eprints.ums.ac.id/11416/ PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011 DARIYANTI, DARIYANTI LC Special aspects of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh pola asuh orang tua dengan prestasi belajar akuntansi 2) pengaruh status sosial dengan prestasi belajar akuntansi 3) pengaruh antara pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi dengan prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI jurusan IPS SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 150 siswa. Sampel diambil sebanyak 105 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Pola asuh orang tua pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,632 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Status sosial ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,033 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 32,849 > 3,085 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel pola asuh orang tua memberikan sumbangan efektif 21,5%. Variabel status sosial ekonomi memberikan sumbangan efektif 17,7%. Dengan demikian nampak bahwa variabel pola asuh orang tua memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel status sosial ekonomi. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11416/1/COVER_%2B_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11416/2/SKRIPSI_Dariyanti_A_210_070_167.pdf DARIYANTI, DARIYANTI (2011) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070167
spellingShingle LC Special aspects of education
DARIYANTI, DARIYANTI
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort pengaruh pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas xi ips sma bhinneka karya 2 boyolali tahun ajaran 2010 2011
topic LC Special aspects of education
url https://eprints.ums.ac.id/11416/
work_keys_str_mv AT dariyantidariyanti pengaruhpolaasuhorangtuadanstatussosialekonomiterhadapprestasibelajarakuntansipadasiswakelasxiipssmabhinnekakarya2boyolalitahunajaran20102011