PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh pola asuh orang tua dengan prestasi belajar akuntansi 2) pengaruh status sosial dengan prestasi belajar akuntansi 3) pengaruh antara pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi dengan prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adal...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: DARIYANTI, DARIYANTI
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/11416/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh pola asuh orang tua dengan prestasi belajar akuntansi 2) pengaruh status sosial dengan prestasi belajar akuntansi 3) pengaruh antara pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi dengan prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI jurusan IPS SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 150 siswa. Sampel diambil sebanyak 105 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Pola asuh orang tua pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,632 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Status sosial ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,033 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Pola asuh orang tua dan status sosial ekonomi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 32,849 > 3,085 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel pola asuh orang tua memberikan sumbangan efektif 21,5%. Variabel status sosial ekonomi memberikan sumbangan efektif 17,7%. Dengan demikian nampak bahwa variabel pola asuh orang tua memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel status sosial ekonomi.