KONTRIBUSI IKLAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK DANAR HADI SURAKARTA

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kontribusi iklan terhadap keputusan pembelian; 2) kontribusi harga produk terhadap keputusan pembelian; 3) kontribusi iklan dan harga produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan melakukan penguj...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SARI, DWI RATNA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11414/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995335299268608
author SARI, DWI RATNA
author_facet SARI, DWI RATNA
author_sort SARI, DWI RATNA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kontribusi iklan terhadap keputusan pembelian; 2) kontribusi harga produk terhadap keputusan pembelian; 3) kontribusi iklan dan harga produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian hipotesis dengan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli produk batik Danar Hadi Surakarta. Sampel diambil sebanyak 182 orang yang diambil dari rata-rata jumlah pembeli sebanyak 380 orang per bulan. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenieance Samping. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakn terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: = 4,605 + 0,449.X1 + 0,379.X2. Artinya keputusan pembelian dipengaruhi oleh iklan dan harga produk. Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini adalah: 1) Iklan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk Batik Danar Hadi tahun 2010. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 9,485 > 1,980 pada taraf signifikansi 5%. Iklan memberikan kontribusi sebesar 38% terhadap keputusan pembelian; 2) Harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk Batik Danar Hadi tahun 2010. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 6,504 > 1,980 pada taraf signifikansi 5%. Harga memberikan kontribusi sebesar 23,4% terhadap keputusan pembelian; 3) Iklan dan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk Batik Danar Hadi tahun 2010. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 142,150 > 3,07 pada taraf signifikansi 5%. Iklan dan harga memberikan kontribusi sebesar 61,4% terhadap keputusan pembelian.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11414
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11414 https://eprints.ums.ac.id/11414/ KONTRIBUSI IKLAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK DANAR HADI SURAKARTA SARI, DWI RATNA HD28 Management Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kontribusi iklan terhadap keputusan pembelian; 2) kontribusi harga produk terhadap keputusan pembelian; 3) kontribusi iklan dan harga produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian hipotesis dengan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli produk batik Danar Hadi Surakarta. Sampel diambil sebanyak 182 orang yang diambil dari rata-rata jumlah pembeli sebanyak 380 orang per bulan. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenieance Samping. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakn terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: = 4,605 + 0,449.X1 + 0,379.X2. Artinya keputusan pembelian dipengaruhi oleh iklan dan harga produk. Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini adalah: 1) Iklan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk Batik Danar Hadi tahun 2010. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 9,485 > 1,980 pada taraf signifikansi 5%. Iklan memberikan kontribusi sebesar 38% terhadap keputusan pembelian; 2) Harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk Batik Danar Hadi tahun 2010. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 6,504 > 1,980 pada taraf signifikansi 5%. Harga memberikan kontribusi sebesar 23,4% terhadap keputusan pembelian; 3) Iklan dan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk Batik Danar Hadi tahun 2010. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 142,150 > 3,07 pada taraf signifikansi 5%. Iklan dan harga memberikan kontribusi sebesar 61,4% terhadap keputusan pembelian. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11414/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11414/2/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11414/3/Bab_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11414/4/Bab_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11414/5/Bab_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11414/6/Bab_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11414/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11414/9/Lampiran-Lampiran.pdf SARI, DWI RATNA (2011) KONTRIBUSI IKLAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK DANAR HADI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210050089
spellingShingle HD28 Management
SARI, DWI RATNA
KONTRIBUSI IKLAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK DANAR HADI SURAKARTA
title KONTRIBUSI IKLAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK DANAR HADI SURAKARTA
title_full KONTRIBUSI IKLAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK DANAR HADI SURAKARTA
title_fullStr KONTRIBUSI IKLAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK DANAR HADI SURAKARTA
title_full_unstemmed KONTRIBUSI IKLAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK DANAR HADI SURAKARTA
title_short KONTRIBUSI IKLAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK DANAR HADI SURAKARTA
title_sort kontribusi iklan dan harga produk terhadap keputusan pembelian batik danar hadi surakarta
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/11414/
work_keys_str_mv AT saridwiratna kontribusiiklandanhargaprodukterhadapkeputusanpembelianbatikdanarhadisurakarta