PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi 2) pengaruh cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi 3) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis p...

Volledige beschrijving

Bewaard in:
Bibliografische gegevens
Hoofdauteur: FATONAH, SITI
Formaat: Thesis
Taal:English
English
English
English
English
English
English
English
Gepubliceerd in: 2011
Onderwerpen:
Online toegang:https://eprints.ums.ac.id/11408/
Tags: Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
_version_ 1804995333673975808
author FATONAH, SITI
author_facet FATONAH, SITI
author_sort FATONAH, SITI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi 2) pengaruh cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi 3) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N I Sambirejo kabupaten Sragen kelas VII. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupaten Sragen sejumlah 252 siswa. Sampel diambil sebanyak 146 orang siswa dengan teknik random sampling dengan cara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupatem Sragen. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,488 > 1,977 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Cara belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupatem Sragen. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,970 > 1,977 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Pemanfaatan perpustakaan sekolah dan cara belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupatem Sragen. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 45,951 > 3,059 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah memberikan sumbangan efektif 18,2%. Variabel cara belajar siswa memberikan sumbangan efektif 20,9%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel cara belajar siswa memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11408
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11408 https://eprints.ums.ac.id/11408/ PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN FATONAH, SITI LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi 2) pengaruh cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi 3) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N I Sambirejo kabupaten Sragen kelas VII. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupaten Sragen sejumlah 252 siswa. Sampel diambil sebanyak 146 orang siswa dengan teknik random sampling dengan cara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupatem Sragen. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,488 > 1,977 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Cara belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupatem Sragen. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,970 > 1,977 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Pemanfaatan perpustakaan sekolah dan cara belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupatem Sragen. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 45,951 > 3,059 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah memberikan sumbangan efektif 18,2%. Variabel cara belajar siswa memberikan sumbangan efektif 20,9%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel cara belajar siswa memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11408/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11408/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11408/3/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11408/4/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11408/5/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11408/6/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11408/7/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11408/8/9._LAMPIRAN.pdf FATONAH, SITI (2011) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060150
spellingShingle LB Theory and practice of education
FATONAH, SITI
PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN
title PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN
title_full PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN
title_fullStr PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN
title_full_unstemmed PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN
title_short PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN
title_sort pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas vii smp negeri i sambirejo kabupaten sragen
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11408/
work_keys_str_mv AT fatonahsiti pengaruhpemanfaatanperpustakaansekolahdancarabelajarsiswaterhadapprestasibelajarekonomisiswakelasviismpnegeriisambirejokabupatensragen