PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi 2) pengaruh cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi 3) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis p...

Cur síos iomlán

Sábháilte in:
Sonraí bibleagrafaíochta
Príomhchruthaitheoir: FATONAH, SITI
Formáid: Tráchtas
Teanga:English
English
English
English
English
English
English
English
Foilsithe / Cruthaithe: 2011
Ábhair:
Rochtain ar líne:https://eprints.ums.ac.id/11408/
Clibeanna: Cuir clib leis
Níl clibeanna ann, Bí ar an gcéad duine le clib a chur leis an taifead seo!
Cur síos
Achoimre:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi 2) pengaruh cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi 3) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N I Sambirejo kabupaten Sragen kelas VII. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupaten Sragen sejumlah 252 siswa. Sampel diambil sebanyak 146 orang siswa dengan teknik random sampling dengan cara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupatem Sragen. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,488 > 1,977 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Cara belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupatem Sragen. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,970 > 1,977 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Pemanfaatan perpustakaan sekolah dan cara belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri I Sambirejo Kabupatem Sragen. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 45,951 > 3,059 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah memberikan sumbangan efektif 18,2%. Variabel cara belajar siswa memberikan sumbangan efektif 20,9%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel cara belajar siswa memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah.