PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI SUMBER BELAJAR DAN INTENSITAS DUKUNGAN KELUARGA PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh sumber belajar terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) pengaruh intensitas dukungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi; 3) pengaruh sumber belajar dan intensitas dukungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini term...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HADI, DINAR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11406/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh sumber belajar terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) pengaruh intensitas dukungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi; 3) pengaruh sumber belajar dan intensitas dukungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang menggambarkan keadaan obyek penelitian apa adanya dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 156 orang. Sampel diambil sebanyak 100 siswa yang diambil dengan teknik random sampling yaitu cara undian. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis data memperoleh persamaan garis regresi: Y = 64,529 + 1,427.X1 + 1,084.X2. Persamaan menunjukkan bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa ditentukan oleh penggunaan sumber belajar dan intensitas dukungan keluarga. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Sumber belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 7,171 > ttabel (1,980) dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi sumber belajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar 36%; 2) Intensitas dukungan keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 5,378 > ttabel (1,980) dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5%. K ontribusi intensitas dukungan keluarga terhadap prestasi belajar adalah sebesar 24,3%; 3) Sumber belajar dan intensitas dukungan keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 73,514 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,07 pada taraf signifikansi 5%. Secara keseluruhan variabel pengaruh sumber belajar dan intensitas dukungan keluarga memberikan kontribusi sebesar 60,3% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.