ANALISIS PENGARUH PERBEDAAN JENIS KELAMIN (GENDER) DAN COMPUTER ANXIETY TERHADAP COMPUTER SELF EFFICACY MAHASISWA AKUNTANSI DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI (Survei pada mahasiswa akuntansi UMS dan UNS)

Dijaman era globalisasi sekarang ini, teknologi komputer telah dimanfaatkan untuk berbagai sendi kehidupan utamanya pada kegiatan bisnis. Manfaat yang diperoleh dari penggunaan komputer antara lain: penghematan dan ketepatan waktu, peningkatan produktivitas dan akurasi informasi yang lebih baik....

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: Mahayanti, Pipit Fitri
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2007
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11405/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Dijaman era globalisasi sekarang ini, teknologi komputer telah dimanfaatkan untuk berbagai sendi kehidupan utamanya pada kegiatan bisnis. Manfaat yang diperoleh dari penggunaan komputer antara lain: penghematan dan ketepatan waktu, peningkatan produktivitas dan akurasi informasi yang lebih baik. Diterimanya teknologi komputer tergantung pada karakteristik teknologi informasi dan tingkat skill dari masing-masing individu pemakai komputer baik itu individu laki-laki maupun individu perempuan yang mana kedua-duanya memiliki tingkat kecemasan yang berbeda pula dalam menggunakan komputer. Keahlian yang dimiliki pemakai komputer tidak saja dapat meningkatkan kinerja organisasional secara keseluruhan, melainkan juga dapat meningkatkan kinerja individual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perbedaan jenis kelamin (gender) dan computer anxiety berpengaruh terhadap keahlian dalam menggunakan komputer (CSE) mahasiswa akuntansi UMS dan UNS. Metode pengumpulan data menggunakan personal kuesioner. Populasi samplingnya adalah mahasiswa akuntansi UMS dan UNS yang sedang mengikuti mata kuliah Sistem Informasi Manajemen dan telah mengambil mata kuliah Aplikasi Komputer. Analisis data yang digunakan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliability. Untuk uji hipotesis menggunakan pengujian regresi berganda atas variabel Dummy dan pengujian asumsi klasik (Normalitas, Multikolinearietas, heterokedastisitas). Hasil yang ditunjukkan dengan perhitungan dari analisis regresi berganda adalah CSE Gender CAN UMS = 7,143 − 0,168 +1,139 CSE Gender CAN UNS = 30,523 − 2,336 + 0,324 , 37 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha1 “tidak mampu diterima” yang artinya gender tidak berpengaruh terhadap keahlian menggunakan komputer (CSE) mahasiswa akuntansi UMS dan UNS. Sedangkan Ha 2 “tidak mampu ditolak” yang artinya variabel CAN (computer anxiety) berpengaruh terhadap keahlian dalam menggunakan komputer (CSE) mahasiswa akuntansi UMS dan UNS.