ANALISIS PENGARUH PERBEDAAN JENIS KELAMIN (GENDER) DAN COMPUTER ANXIETY TERHADAP COMPUTER SELF EFFICACY MAHASISWA AKUNTANSI DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI (Survei pada mahasiswa akuntansi UMS dan UNS)
Dijaman era globalisasi sekarang ini, teknologi komputer telah dimanfaatkan untuk berbagai sendi kehidupan utamanya pada kegiatan bisnis. Manfaat yang diperoleh dari penggunaan komputer antara lain: penghematan dan ketepatan waktu, peningkatan produktivitas dan akurasi informasi yang lebih baik....
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11405/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Dijaman era globalisasi sekarang ini, teknologi komputer telah
dimanfaatkan untuk berbagai sendi kehidupan utamanya pada kegiatan bisnis.
Manfaat yang diperoleh dari penggunaan komputer antara lain: penghematan dan
ketepatan waktu, peningkatan produktivitas dan akurasi informasi yang lebih baik.
Diterimanya teknologi komputer tergantung pada karakteristik teknologi
informasi dan tingkat skill dari masing-masing individu pemakai komputer baik
itu individu laki-laki maupun individu perempuan yang mana kedua-duanya
memiliki tingkat kecemasan yang berbeda pula dalam menggunakan komputer.
Keahlian yang dimiliki pemakai komputer tidak saja dapat meningkatkan kinerja
organisasional secara keseluruhan, melainkan juga dapat meningkatkan kinerja
individual.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perbedaan jenis
kelamin (gender) dan computer anxiety berpengaruh terhadap keahlian dalam
menggunakan komputer (CSE) mahasiswa akuntansi UMS dan UNS.
Metode pengumpulan data menggunakan personal kuesioner. Populasi
samplingnya adalah mahasiswa akuntansi UMS dan UNS yang sedang mengikuti
mata kuliah Sistem Informasi Manajemen dan telah mengambil mata kuliah
Aplikasi Komputer.
Analisis data yang digunakan untuk pengujian instrumen menggunakan uji
validitas dan reliability. Untuk uji hipotesis menggunakan pengujian regresi
berganda atas variabel Dummy dan pengujian asumsi klasik (Normalitas,
Multikolinearietas, heterokedastisitas).
Hasil yang ditunjukkan dengan perhitungan dari analisis regresi berganda
adalah CSE Gender CAN UMS = 7,143 − 0,168 +1,139
CSE Gender CAN UNS = 30,523 − 2,336 + 0,324 ,
37
sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha1 “tidak mampu diterima” yang artinya
gender tidak berpengaruh terhadap keahlian menggunakan komputer (CSE)
mahasiswa akuntansi UMS dan UNS. Sedangkan Ha 2 “tidak mampu ditolak”
yang artinya variabel CAN (computer anxiety) berpengaruh terhadap keahlian
dalam menggunakan komputer (CSE) mahasiswa akuntansi UMS dan UNS.
|
---|