PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CARD SORT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS IX B SMP MUHAMMADIYAH 8 TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan metode pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran ekonomi pada siswa kelas IX B SMP Muhammadiyah 8 tahun ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: Chrisnawati, Nunung Ayu
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2011
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/11398/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan metode pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran ekonomi pada siswa kelas IX B SMP Muhammadiyah 8 tahun ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur dalam Penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua kali siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktifan siswa. Indikator kinerja yang dicapai dalam penelitian ini adalah 70%. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran ekonomi. Dari siklus yang dilakukan dihasilkan peningkatan keaktifan siswa yang cukup baik. Peningkatan keaktifan siswa dengan metode pembelajaran Card Sort adalah: 1) keaktifan siswa dalam bertanya, sebelum dilakukan tindakan adalah 7,4 % dan setelah siklus meningkat menjadi 74%, 2) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide,sebelum dilakukan tindakan adalah 11,1% dan setelah siklus meningkat menjadi 77,7%, 3) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan, sebelum dilakukan tindakan adalah 11,1% dan setelah siklus meningkat menjadi 70,3%, 4) keaktifan siswa dalam mencari pasangan, pada siklus I adalah 51,8 % dan pada siklus II meningkat menjadi 81,4%, 5) keaktifan siswa dalam mempresentasikan materi, pada siklus I adalah 33,3% dan pada siklus II meningkat menjadi 70,3%. Hasil penelitian yang didapat telah melampaui indikator kinerja. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran ekonomi pada siswa kelas IX B SMP Muhammadiyah 8 tahun ajaran 2010/2011 minimal 70% terbukti dan dapat diterima kebenarannya.