PENGARUH KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA/SISWI KELAS XI SMA N 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009-2010

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru dengan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi 2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar ekonomi 3) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru dengan siswa dan kecerdasan emosi terhadap prestasi b...

Cijeli opis

Spremljeno u:
Bibliografski detalji
Glavni autor: PRAMONO, PRAMONO
Format: Disertacija
Jezik:English
English
English
English
English
English
English
English
Izdano: 2011
Teme:
Online pristup:https://eprints.ums.ac.id/11391/
Oznake: Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
_version_ 1804995328930217984
author PRAMONO, PRAMONO
author_facet PRAMONO, PRAMONO
author_sort PRAMONO, PRAMONO
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru dengan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi 2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar ekonomi 3) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru dengan siswa dan kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar ekonomi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi sebesar 148 siswa sehingga sampel yang digunakan 89 dan sampling yang di gunakan adalah proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda, uji t, uji F, R2, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 45,314 + 0,405X1 + 0,204X2, artinya prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh tinggi rendahnya komunikasi guru dan kecerdasan emosi. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa 1) komunikasi guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel komunikasi guru sebesar 6,555, sehingga thitung > ttabel atau 6,555 > 1,988 (a = 0,05); 2) Kecerdasan emosi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kecerdasan emosi sebesar 2,911, sehingga thitung > ttabel atau 2,911 > 1,988 (a = 0,05); 3) komunikasi guru dan kecerdasan emosi bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan Fhitung > Ftabel atau 29,074 > 3,103 (a = 0,05); 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,403, berarti 40,3 % prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh variabel komunikasi guru dan kecerdasan emosi; 5) Sumbangan efektif variabel komunikasi guru (X1) memberikan kontribusi sebesar 32,24% terhadap prestasi belajar ekonomi, sementara kecerdasan emosi (X2) memberikan kontribusi sebesar 8,06% terhadap prestasi belajar ekonomi, atau X1 dan X2 memberikan kontribusi terhadap Y sebesar 40,3%, sementara 59,7% dipengaruhi variabel lain di luar variabel yang diteliti.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11391
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11391 https://eprints.ums.ac.id/11391/ PENGARUH KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA/SISWI KELAS XI SMA N 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009-2010 PRAMONO, PRAMONO LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru dengan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi 2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar ekonomi 3) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru dengan siswa dan kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar ekonomi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi sebesar 148 siswa sehingga sampel yang digunakan 89 dan sampling yang di gunakan adalah proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda, uji t, uji F, R2, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 45,314 + 0,405X1 + 0,204X2, artinya prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh tinggi rendahnya komunikasi guru dan kecerdasan emosi. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa 1) komunikasi guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel komunikasi guru sebesar 6,555, sehingga thitung > ttabel atau 6,555 > 1,988 (a = 0,05); 2) Kecerdasan emosi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kecerdasan emosi sebesar 2,911, sehingga thitung > ttabel atau 2,911 > 1,988 (a = 0,05); 3) komunikasi guru dan kecerdasan emosi bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan Fhitung > Ftabel atau 29,074 > 3,103 (a = 0,05); 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,403, berarti 40,3 % prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh variabel komunikasi guru dan kecerdasan emosi; 5) Sumbangan efektif variabel komunikasi guru (X1) memberikan kontribusi sebesar 32,24% terhadap prestasi belajar ekonomi, sementara kecerdasan emosi (X2) memberikan kontribusi sebesar 8,06% terhadap prestasi belajar ekonomi, atau X1 dan X2 memberikan kontribusi terhadap Y sebesar 40,3%, sementara 59,7% dipengaruhi variabel lain di luar variabel yang diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11391/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11391/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11391/3/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11391/4/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11391/5/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11391/6/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11391/7/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11391/8/9._LAMPIRAN.pdf PRAMONO, PRAMONO (2011) PENGARUH KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA/SISWI KELAS XI SMA N 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009-2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060006
spellingShingle LB Theory and practice of education
PRAMONO, PRAMONO
PENGARUH KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA/SISWI KELAS XI SMA N 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009-2010
title PENGARUH KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA/SISWI KELAS XI SMA N 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009-2010
title_full PENGARUH KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA/SISWI KELAS XI SMA N 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009-2010
title_fullStr PENGARUH KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA/SISWI KELAS XI SMA N 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009-2010
title_full_unstemmed PENGARUH KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA/SISWI KELAS XI SMA N 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009-2010
title_short PENGARUH KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA/SISWI KELAS XI SMA N 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009-2010
title_sort pengaruh komunikasi guru dengan siswa dan kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa siswi kelas xi sma n 1 ngemplak boyolali tahun ajaran 2009 2010
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11391/
work_keys_str_mv AT pramonopramono pengaruhkomunikasigurudengansiswadankecerdasanemositerhadapprestasibelajarekonomipadasiswasiswikelasxisman1ngemplakboyolalitahunajaran20092010