MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh prestasi belajar siswa terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. 2) pengaruh motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi keperguruan tinggi. 3) pengaruh satstus sosial ekonomi terhadap minat melanjutkan studi keperguruan ti...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: MEILASTIKA, DWI
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2011
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/11387/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
_version_ 1804995327836553216
author MEILASTIKA, DWI
author_facet MEILASTIKA, DWI
author_sort MEILASTIKA, DWI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh prestasi belajar siswa terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. 2) pengaruh motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi keperguruan tinggi. 3) pengaruh satstus sosial ekonomi terhadap minat melanjutkan studi keperguruan tinggi. 4) pengaruh prestasi belajar, motivasi belajar, dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 160 siswa. Sampel diambil sebanyak 32 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji F dan uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Prestasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,604 > 2,048 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,015. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,197 > 2,048 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,036. 3) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3.005 > 2,048 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,006. 4) Prestasi belajar, motivasi belajar dan status sosial ekonomi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui Fhitung > Ftabel, yaitu 9,976 > 2,947 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Variabel prestasi belajar memberikan sumbangan efektif 14,3%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 15,0% Variabel status sosial ekonomi memberikan sumbangan efektif 22,4%, sedangkan 48,3% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11387
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11387 https://eprints.ums.ac.id/11387/ MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011 MEILASTIKA, DWI LC Special aspects of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh prestasi belajar siswa terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. 2) pengaruh motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi keperguruan tinggi. 3) pengaruh satstus sosial ekonomi terhadap minat melanjutkan studi keperguruan tinggi. 4) pengaruh prestasi belajar, motivasi belajar, dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 160 siswa. Sampel diambil sebanyak 32 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji F dan uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Prestasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,604 > 2,048 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,015. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,197 > 2,048 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,036. 3) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3.005 > 2,048 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,006. 4) Prestasi belajar, motivasi belajar dan status sosial ekonomi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui Fhitung > Ftabel, yaitu 9,976 > 2,947 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Variabel prestasi belajar memberikan sumbangan efektif 14,3%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 15,0% Variabel status sosial ekonomi memberikan sumbangan efektif 22,4%, sedangkan 48,3% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11387/1/2._HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11387/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11387/3/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11387/4/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11387/5/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11387/6/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11387/7/8._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11387/8/9._Lampiran.pdf MEILASTIKA, DWI (2011) MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070004
spellingShingle LC Special aspects of education
MEILASTIKA, DWI
MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi ditinjau dari prestasi belajar motivasi belajar dan status sosial ekonomi pada siswa kelas xii ips sma negeri 2 sukoharjo tahun ajaran 2010 2011
topic LC Special aspects of education
url https://eprints.ums.ac.id/11387/
work_keys_str_mv AT meilastikadwi minatsiswamelanjutkanstudikeperguruantinggiditinjaudariprestasibelajarmotivasibelajardanstatussosialekonomipadasiswakelasxiiipssmanegeri2sukoharjotahunajaran20102011