ANALISIS PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA SURAKARTA DILIHAT DARI ASPEK KEUANGAN, ASPEK OPERASIONAL DAN ASPEK ADMINISTRASI
Permasalahan-permasalahan yang sedang di alami Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), sehingga peningkatan pelayanan dibidang air bersih kepada masyarakat saat ini terlihat masih kurang, bahkan dari segi persentase jumlah penduduk yang terlayani terlihat semakin menurun, karena pertambahan pendu...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11383/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Permasalahan-permasalahan yang sedang di alami Perusahaan Daerah Air
Minum (PDAM), sehingga peningkatan pelayanan dibidang air bersih kepada
masyarakat saat ini terlihat masih kurang, bahkan dari segi persentase jumlah
penduduk yang terlayani terlihat semakin menurun, karena pertambahan
penduduk tidak sebanding dengan pertambahan cakupan pelayanan. Salah satu
usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan ini yaitu dengan
memperbaiki kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) baik perbaikan
dibidang manajemen maupun keuangan.
Dilihat dari aspek keuangan yang ditinjau dari nilai kinerja Perusahaan
Daerah Air Minum Kota Surakarta tahun 2002 memperoleh nilai 24,75 sedangkan
pada tahun 2003 memperoleh nilai 30,75 hal tersebut mengalami kenaikan sebesar
3,00 sedangkan pada tahun 2004 memperoleh nilai 27,75 hal tersebut mengalami
penurunan sebesar 3,00 dan pada tahun 2005 memperoleh nilai 25,50 hal tersebut
mengalami penu runan sebesar 2,25. Hal ini menunjukkan bahwa nilai kinerja dari
aspek keuangan belum stabil karena apabila terjadi peningkatan nilai kinerja pada
tahun tertentu maka pada tahun berikutnya terjadi penurunan nilai kinerja yang
seharusnya dipertahankan ataulebih ditingkatkan. Oleh karena itu perbaikan-
perbaikan dalam segala bidang yang menyangkut aspek keuangan perlu dilakukan
untuk meningkatkan kinerja keuangan. Dilihat dari aspek operasional yang
ditinjau dari nilai kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surakarta tahun
2002 memperoleh nilai 20,43 sedangkan pada tahun 2003 memperoleh nilai 21,28
hal tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,85 sedangkan pada tahun 2004 dan
tahun 2005 tetap memperoleh nilai 21,28. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja
dari aspek o perasional cukup baik karena nilai kinerja yang dihasilkan dari tahun
ke tahun tetap stabil tidak mengalami kenaikan maupun penurunan tetapi ada
kenaikan pada tahun 2003 meskipun peningkatannya masih relatif kecil. Dilihat
dari aspek administrasi yang ditinjau dari nilai kinerja Perusahaan Daerah Air
Minum Kota Surakarta dari tahun 2002 sanpai dengan tahun 2005 memperoleh
nilai 9,58. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja dari aspek administrasi cukup baik
karena nilai kinerja yang dihasilkan dari tahun ke tahun tetap stabil tidak
mengalami kenaikan maupun penurunan. |
---|