FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEINGINAN KONSUMEN UNTUK MENABUNG PADA BANK SYARI’AH (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri)

Pelayanan yang kurang berkualitas menyebabkan nasabah merasa tidak puas dan pada akhirnya mereka memilih bank yang lebih baik. Pada umumnya konsumen beragama Islam berkeinginan untuk menabung di bank yang bernuansa Islam. Namun demikian keinginan ini dpengaruhi oleh faktor intern dan faktor ek...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MURIS , RISKA YULIA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11376/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995324836577280
author MURIS , RISKA YULIA
author_facet MURIS , RISKA YULIA
author_sort MURIS , RISKA YULIA
collection ePrints
description Pelayanan yang kurang berkualitas menyebabkan nasabah merasa tidak puas dan pada akhirnya mereka memilih bank yang lebih baik. Pada umumnya konsumen beragama Islam berkeinginan untuk menabung di bank yang bernuansa Islam. Namun demikian keinginan ini dpengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor gaya hidup, kepribadian, status social, faktor produk, faktor promosi, dan proses pelayanan baik secara individu maupun secara serentak terhadap keputusan konsumen untuk menabung di bank syariah. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini adlaah seluruh nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Surakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Surakarta. Sampel penelitian diambil dengan teknik Purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor gaya hidup, kepribadian, status sosial, faktor produk, faktor promosi, dan proses pelayanan baik secara individu maupun secara serentak berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk menabung di bank syariah. Hasil uji t memperoleh t hitung diterima pada taraf signifikansi 5% . (2) Pola kehidupan dan aktivitas yang Islami, kara kter pribadi yang konsisten, status sosial yang lebih tinggi sebagai panutan masyarakat, keunggulan produk-produk perbankan syariah, promsi yang gencar dari bank Syariah Mandiri, proses pelayanan yang cepat, tepat, aman, dan menyenangkan akan mempengaruhi konsumen untuk menabung di Bank Syariah Mandiri.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11376
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11376 https://eprints.ums.ac.id/11376/ FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEINGINAN KONSUMEN UNTUK MENABUNG PADA BANK SYARI’AH (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri) MURIS , RISKA YULIA HG Finance Pelayanan yang kurang berkualitas menyebabkan nasabah merasa tidak puas dan pada akhirnya mereka memilih bank yang lebih baik. Pada umumnya konsumen beragama Islam berkeinginan untuk menabung di bank yang bernuansa Islam. Namun demikian keinginan ini dpengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor gaya hidup, kepribadian, status social, faktor produk, faktor promosi, dan proses pelayanan baik secara individu maupun secara serentak terhadap keputusan konsumen untuk menabung di bank syariah. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini adlaah seluruh nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Surakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Surakarta. Sampel penelitian diambil dengan teknik Purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor gaya hidup, kepribadian, status sosial, faktor produk, faktor promosi, dan proses pelayanan baik secara individu maupun secara serentak berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk menabung di bank syariah. Hasil uji t memperoleh t hitung diterima pada taraf signifikansi 5% . (2) Pola kehidupan dan aktivitas yang Islami, kara kter pribadi yang konsisten, status sosial yang lebih tinggi sebagai panutan masyarakat, keunggulan produk-produk perbankan syariah, promsi yang gencar dari bank Syariah Mandiri, proses pelayanan yang cepat, tepat, aman, dan menyenangkan akan mempengaruhi konsumen untuk menabung di Bank Syariah Mandiri. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11376/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11376/2/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11376/3/Bab_23.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11376/4/Riska_Akun_Bab_45_revisi.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11376/5/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11376/6/Lampiran.pdf MURIS , RISKA YULIA (2007) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEINGINAN KONSUMEN UNTUK MENABUNG PADA BANK SYARI’AH (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B200030360
spellingShingle HG Finance
MURIS , RISKA YULIA
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEINGINAN KONSUMEN UNTUK MENABUNG PADA BANK SYARI’AH (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri)
title FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEINGINAN KONSUMEN UNTUK MENABUNG PADA BANK SYARI’AH (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri)
title_full FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEINGINAN KONSUMEN UNTUK MENABUNG PADA BANK SYARI’AH (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri)
title_fullStr FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEINGINAN KONSUMEN UNTUK MENABUNG PADA BANK SYARI’AH (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri)
title_full_unstemmed FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEINGINAN KONSUMEN UNTUK MENABUNG PADA BANK SYARI’AH (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri)
title_short FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEINGINAN KONSUMEN UNTUK MENABUNG PADA BANK SYARI’AH (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri)
title_sort faktor faktor yang mempengaruhi keinginan konsumen untuk menabung pada bank syari ah studi kasus pada bank syariah mandiri
topic HG Finance
url https://eprints.ums.ac.id/11376/
work_keys_str_mv AT murisriskayulia faktorfaktoryangmempengaruhikeinginankonsumenuntukmenabungpadabanksyariahstudikasuspadabanksyariahmandiri