PERBEDAAN PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KODE ETIK AKUNTAN INDONESIA (Survey Pada Perguruan Tinggi di Wilayah Surakarta)
Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan persepsi akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap kode etik Indonesia, serta mengungkap kecukupan muatan etika dalam kurikulum pendidikan tinggi akuntansi berdasarkan pendapat mereka. Populasi dalam penelitian ini meliputi akuntan pend...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2006
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11344/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan persepsi akuntan pendidik
dan mahasiswa akuntansi terhadap kode etik Indonesia, serta mengungkap
kecukupan muatan etika dalam kurikulum pendidikan tinggi akuntansi
berdasarkan pendapat mereka. Populasi dalam penelitian ini meliputi akuntan
pendidik dan mahasiswa akuntansi di Surakarta, dimana sampel diambil dari dua
Perguruan tinggi di Surakarta yang terdaftar dalam Kopertis wilayah VI dan
menyelenggaran program S1 Akuntansi. Analisis didasarkan pada data dari 90
responden penelitian yang pengumpulannya melalui kuesioner. Uji yang
digunakan untuk menganalisis data adalah Independet Samples T-test. Uji
validitas menggunakan teknik korelasi Pearson’s Correlation Product Momment,
normalitas data menggunakan One Sample Kolmogorof Smirnov serta pengujian
homogenitas antar varian menggunakan Levene’s Test.
Berdasarkan penelitian terhadap muatan etika dalam kurikulum
pendidikan tinggi akuntansi, peneliti menemukan bahwa kurikulum pendidikan
tinggi akuntansi belum cukup mampu memberikan bekal etika kepada mahasiswa
untuk terjun di dunia kerja, walaupun beberapa mata kuliah yang diajarkan telah
mencakup muatan etika. Responden mengusulkan untuk memperluas cakupan
muatan etika dalam kurikulum akuntansi dengan mengintegrasikan ke mata kuliah
tertentu dan mengintegrasikan ke semua mata kuliah yang diajarkan. |
---|