PERBEDAAN PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KODE ETIK AKUNTAN INDONESIA (Survey Pada Perguruan Tinggi di Wilayah Surakarta)

Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan persepsi akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap kode etik Indonesia, serta mengungkap kecukupan muatan etika dalam kurikulum pendidikan tinggi akuntansi berdasarkan pendapat mereka. Populasi dalam penelitian ini meliputi akuntan pend...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAHAYU , YAYU SRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2006
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11344/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan persepsi akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap kode etik Indonesia, serta mengungkap kecukupan muatan etika dalam kurikulum pendidikan tinggi akuntansi berdasarkan pendapat mereka. Populasi dalam penelitian ini meliputi akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi di Surakarta, dimana sampel diambil dari dua Perguruan tinggi di Surakarta yang terdaftar dalam Kopertis wilayah VI dan menyelenggaran program S1 Akuntansi. Analisis didasarkan pada data dari 90 responden penelitian yang pengumpulannya melalui kuesioner. Uji yang digunakan untuk menganalisis data adalah Independet Samples T-test. Uji validitas menggunakan teknik korelasi Pearson’s Correlation Product Momment, normalitas data menggunakan One Sample Kolmogorof Smirnov serta pengujian homogenitas antar varian menggunakan Levene’s Test. Berdasarkan penelitian terhadap muatan etika dalam kurikulum pendidikan tinggi akuntansi, peneliti menemukan bahwa kurikulum pendidikan tinggi akuntansi belum cukup mampu memberikan bekal etika kepada mahasiswa untuk terjun di dunia kerja, walaupun beberapa mata kuliah yang diajarkan telah mencakup muatan etika. Responden mengusulkan untuk memperluas cakupan muatan etika dalam kurikulum akuntansi dengan mengintegrasikan ke mata kuliah tertentu dan mengintegrasikan ke semua mata kuliah yang diajarkan.