PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KODE ETIK IKATAN AKUNTAN INDONESIA (Survey PTS di Kota Surakarta)

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui persepsi akuntan pendidik terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia, 2) untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kode Ikatan Akuntan Indonesia, 3) untuk mengetahui perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhada...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FITRI , RIDHIA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
Published: 2006
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11327/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui persepsi akuntan pendidik terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia, 2) untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kode Ikatan Akuntan Indonesia, 3) untuk mengetahui perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey yang bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa akuntansi di PTS wilayah Surakarta dan sedang atau pernah mengambil mata kuliah auditing, dan untuk mengetahui persepsi akuntan pendidik yang berprofesi sebagai staf pengajar tetap pada perguruan tinggi di kota Surakarta terhadap kode etik akuntan Indonesia. Penelitian ini dilakukan di PTS kota Surakarta meliputi UNISRI, UNSA, UNIBA, UTP, dan AUB. Penelitian ini menggunakan desain survey dimana data pokok dari sampel suatu populasi dikumpulkan dengan menggunakan suatu instrumen kuesioner di lingkungan penelitian yang sebenarnya (lapangan). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent samples test yang dimaksudkan untuk mengetahui perbedaan persepsi akuntan pendidik dengan mahasiswa terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia. Pengujian independent samples test menggunakan program komputer SPSS v. 13. Berdasarkan analisis tentang persepsi mahasiswa akuntansi di perguruan tinggi dengan persepsi akuntan pendidik tentang kode etik Ikatan Akuntan Indonesia diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Persepsi mahasiswa terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia menunjukkan bahwa mahasiswa lebih cenderung memberikan pernyataan setuju (S) terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia dengan prosentase sebesar 55,38%. 2) Persepsi akuntan pendidik terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia menunjukkan lebih cenderung memberikan pernyataan sangat setuju (SS) terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia dengan prosentase sebesar 43,27%. 3) Terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa dengan akuntan pendidik tentang kode etik Ikatan Akuntan Indonesia berbeda secara signifikan. Hal ini didukung dengan nilai probabilitas signifikansi 0,002 (two tail) lebih kecil 0,05.