PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KODE ETIK IKATAN AKUNTAN INDONESIA (Survey PTS di Kota Surakarta)
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui persepsi akuntan pendidik terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia, 2) untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kode Ikatan Akuntan Indonesia, 3) untuk mengetahui perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhada...
Збережено в:
Автор: | |
---|---|
Формат: | Дисертація |
Мова: | English English English English English English |
Опубліковано: |
2006
|
Предмети: | |
Онлайн доступ: | https://eprints.ums.ac.id/11327/ |
Теги: |
Додати тег
Немає тегів, Будьте першим, хто поставить тег для цього запису!
|
Резюме: | Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui persepsi akuntan pendidik
terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia, 2) untuk mengetahui persepsi
mahasiswa terhadap kode Ikatan Akuntan Indonesia, 3) untuk mengetahui
perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap
kode etik Ikatan Akuntan Indonesia.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey yang bertujuan untuk
mengetahui persepsi mahasiswa akuntansi di PTS wilayah Surakarta dan sedang
atau pernah mengambil mata kuliah auditing, dan untuk mengetahui persepsi
akuntan pendidik yang berprofesi sebagai staf pengajar tetap pada perguruan
tinggi di kota Surakarta terhadap kode etik akuntan Indonesia. Penelitian ini
dilakukan di PTS kota Surakarta meliputi UNISRI, UNSA, UNIBA, UTP, dan
AUB. Penelitian ini menggunakan desain survey dimana data pokok dari sampel
suatu populasi dikumpulkan dengan menggunakan suatu instrumen kuesioner di
lingkungan penelitian yang sebenarnya (lapangan). Pengujian hipotesis dilakukan
dengan menggunakan uji independent samples test yang dimaksudkan untuk
mengetahui perbedaan persepsi akuntan pendidik dengan mahasiswa terhadap
kode etik Ikatan Akuntan Indonesia. Pengujian independent samples test
menggunakan program komputer SPSS v. 13.
Berdasarkan analisis tentang persepsi mahasiswa akuntansi
di perguruan tinggi dengan persepsi akuntan pendidik tentang kode etik Ikatan
Akuntan Indonesia diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Persepsi mahasiswa
terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia menunjukkan bahwa mahasiswa
lebih cenderung memberikan pernyataan setuju (S) terhadap kode etik Ikatan
Akuntan Indonesia dengan prosentase sebesar 55,38%. 2) Persepsi akuntan
pendidik terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia menunjukkan lebih
cenderung memberikan pernyataan sangat setuju (SS) terhadap kode etik Ikatan
Akuntan Indonesia dengan prosentase sebesar 43,27%. 3) Terdapat perbedaan
persepsi antara mahasiswa dengan akuntan pendidik tentang kode etik Ikatan
Akuntan Indonesia berbeda secara signifikan. Hal ini didukung dengan nilai
probabilitas signifikansi 0,002 (two tail) lebih kecil 0,05. |
---|