ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH BANK SYARIAH (Studi Empiris di Surakarta)

Keberadaan bank syariah yang semakin ketat persaingannya dewasa ini, salah satu disebabkan adanya fatwa dari Majelis Ulama Indonesiaa (MUI) yang mengkaitkan bahwa bunga bank adalah riba. Masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim menjadikan bank-bank konvensional ikut serta memperluas kegia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAHAYU , IKA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11317/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Keberadaan bank syariah yang semakin ketat persaingannya dewasa ini, salah satu disebabkan adanya fatwa dari Majelis Ulama Indonesiaa (MUI) yang mengkaitkan bahwa bunga bank adalah riba. Masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim menjadikan bank-bank konvensional ikut serta memperluas kegiatan usaha dengan membuka cabang bank syariah untuk memenuhi selera konsumen. Tujuan penelitian untuk mencari bukti empiris pengaruh faktor macam dan jenis produk, pembagian hasil dan perkembangan usaha di Bank Syariah yang menjadi pertimbangan keputusan nasabah dalam memilih Bank Syariah. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh nasabah ketiga bank syariah yang diteliti, yaitu BNI Syariah, Bank Muamalat dan Bank Syariah Mandiri. Sampel yang diambil sejumlah 60 nasabah, masing-masing 20 nasabah untuk bank syariah tersebut. Teknik penentuan sampelnya dengan metode purposive sampling. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik terhadap data yang diperoleh, antara lain uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinieritas, autokorelasi dan heteroskesdastisitas. Dari pengujian tersebut disimpulkan bahwa semua data layak digunakan untuk proses analisis data hasil penelitian. Analisis data berupa analisis yang bersifat kuantitatif, dengan analisis statistik Uji regresi dan korelasi berganda yaitu untuk menguji adanya pengaruh dan kuat/tidaknya hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah (X) terhadap keputusan nasabah dalam memilih bank syariah (Y). Berdasar hasil analisis data yang telah dilakukan, uji regresi berganda didapat hasil bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah, keputusan nasabah dalam memilih bank syariah rata-rata akan meningkatkan jumlah nasabah di bank tersebut pada BNI Syariah sebanyak 0,439 (prosentase jumlah nasabah), Bank Muamalat = 0,607, serta Bank Syariah Mandiri diperoleh sejumlah 0,164. Sementara pengujian korelasi berganda, yang dihitung berdasar hasil kuesioner yang telah disebarkan diperoleh rhitung = 0,406 untuk nasabah BNI Syariah dan bagi nasabah Bank Muamalat (X2) sebesar 0,433. Dari keduanya memiliki hubungan yang kuat dan signifikan karena rhitung > rtabel dengan taraf signifikansi 5% untuk N = 20. Sedangkan bagi nasabah Bank Syariah Mandiri (X3) sebesar 0,298, dimana berarti bahwa ada keterkaitan antara faktor macam dan jenis produk, pembagian hasil dan perkembangan usaha di Bank Syariah terhadap keputusan nasabah dalam memilih Bank Syariah. Dari hipotesis yang penulis ajukan “Ada pengaruh antara faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah terhadap keputusan nasabah dalam memilih Bank Syariah” dapat diterima kebenarannya.