ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH BANK SYARIAH (Studi Empiris di Surakarta)
Keberadaan bank syariah yang semakin ketat persaingannya dewasa ini, salah satu disebabkan adanya fatwa dari Majelis Ulama Indonesiaa (MUI) yang mengkaitkan bahwa bunga bank adalah riba. Masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim menjadikan bank-bank konvensional ikut serta memperluas kegia...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11317/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Keberadaan bank syariah yang semakin ketat persaingannya dewasa ini, salah
satu disebabkan adanya fatwa dari Majelis Ulama Indonesiaa (MUI) yang
mengkaitkan bahwa bunga bank adalah riba. Masyarakat Indonesia yang mayoritas
muslim menjadikan bank-bank konvensional ikut serta memperluas kegiatan usaha
dengan membuka cabang bank syariah untuk memenuhi selera konsumen.
Tujuan penelitian untuk mencari bukti empiris pengaruh faktor macam dan
jenis produk, pembagian hasil dan perkembangan usaha di Bank Syariah yang
menjadi pertimbangan keputusan nasabah dalam memilih Bank Syariah.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh nasabah ketiga bank syariah yang
diteliti, yaitu BNI Syariah, Bank Muamalat dan Bank Syariah Mandiri. Sampel yang
diambil sejumlah 60 nasabah, masing-masing 20 nasabah untuk bank syariah
tersebut. Teknik penentuan sampelnya dengan metode purposive sampling. Sebelum
dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik terhadap
data yang diperoleh, antara lain uji validitas, reliabilitas, normalitas,
multikolinieritas, autokorelasi dan heteroskesdastisitas. Dari pengujian tersebut
disimpulkan bahwa semua data layak digunakan untuk proses analisis data hasil
penelitian. Analisis data berupa analisis yang bersifat kuantitatif, dengan analisis
statistik Uji regresi dan korelasi berganda yaitu untuk menguji adanya pengaruh dan
kuat/tidaknya hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah (X)
terhadap keputusan nasabah dalam memilih bank syariah (Y).
Berdasar hasil analisis data yang telah dilakukan, uji regresi berganda didapat hasil
bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah, keputusan nasabah dalam memilih
bank syariah rata-rata akan meningkatkan jumlah nasabah di bank tersebut pada BNI
Syariah sebanyak 0,439 (prosentase jumlah nasabah), Bank Muamalat = 0,607, serta
Bank Syariah Mandiri diperoleh sejumlah 0,164. Sementara pengujian korelasi
berganda, yang dihitung berdasar hasil kuesioner yang telah disebarkan diperoleh
rhitung = 0,406 untuk nasabah BNI Syariah dan bagi nasabah Bank Muamalat (X2)
sebesar 0,433. Dari keduanya memiliki hubungan yang kuat dan signifikan karena
rhitung > rtabel dengan taraf signifikansi 5% untuk N = 20. Sedangkan bagi nasabah
Bank Syariah Mandiri (X3) sebesar 0,298, dimana berarti bahwa ada keterkaitan antara faktor macam dan jenis produk, pembagian hasil dan perkembangan usaha di
Bank Syariah terhadap keputusan nasabah dalam memilih Bank Syariah.
Dari hipotesis yang penulis ajukan “Ada pengaruh antara faktor-faktor yang
mempengaruhi nasabah terhadap keputusan nasabah dalam memilih Bank Syariah”
dapat diterima kebenarannya. |
---|