ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI ANTARA DOSEN AKUNTANSI DENGAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PENGETAHUAN TEKNOLOGI YANG HARUS DIKETAHUI OLEH AKUNTAN (Survey pada universitas-universitas di Surakarta)

Education Commite of the International Federation Accountans (IFAC) pada tahun 1995 menerbitkan pedoman pendidikan internasional pada bidang Teknologi Informasi dalam kurikulum akuntansi. Komite ini menyatakan bahwa berbagai perkembangan yang pesat di bidang Teknologi Informasi akan mempenga...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Anggoro , Adnan Wahyu
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2006
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11308/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Education Commite of the International Federation Accountans (IFAC) pada tahun 1995 menerbitkan pedoman pendidikan internasional pada bidang Teknologi Informasi dalam kurikulum akuntansi. Komite ini menyatakan bahwa berbagai perkembangan yang pesat di bidang Teknologi Informasi akan mempengaruhi profesi akuntan dalam hal Teknologi informasi mempengaruhi cara peroperasiannya organisasi, Teknologi Informasi mengubah sifat dan ekonomik kegiatan akuntan, dan Teknologi Informasi mengubah persaingan akuntan professional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi dan dosen akuntansi terhadap pengetahuan Teknologi Informasi yang harus dikuasai oleh akuntan. Metode pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Dari pendistibusian kuesioner untuk memperoleh sample maka di peroleh 48 sampel dari dosen akuntansi dan 113 sampel mahasiswa. Dari hasil pengujian asumsi klasik diperoleh bahwa data terdistribusi normal. Pengujian Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji t (t-test). Dari analisa menggunakan uji –t diperoleh hasil Thitung sebesar 2.365 dan Ttable 1.960 dan signigikansi hitung menunjukkan 0.019 < 0.05. Maka hasil penelitian, hipotesa yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi dengan dosen akuntansi. H1 diterima