ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK JATENG CABANG UMS
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui berapa besar pengaruh variabel reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles terhadap kepuasan nasabah Bank Jateng Cabang UMS; 2) Mengetahui faktor manakah yang paling dominan terkait dengan kepuasan nasabah dan menggunakan pelayanan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11264/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui berapa besar pengaruh
variabel reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles terhadap
kepuasan nasabah Bank Jateng Cabang UMS; 2) Mengetahui faktor manakah
yang paling dominan terkait dengan kepuasan nasabah dan menggunakan
pelayanan jasa Bank Jateng Cabang UMS.
Populasi dalam penelitian ini adalah para nasabah Bank Jateng Cabang
UMS. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara convinence Sampling,
sampelnya adalah 100 nasabah dari Bank Jateng. Pengukuran variabel dalam
penelitian ini dengan kuesioner dengan jawaban pertanyaan digunakan skala likert
yang terdiri dari: Sangat Setuju, Setuju, Netral, Tidak Setuju, dan Sangat Tidak
Setuju. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui besarnya
pengaruh variabel independen yang terdiri dari reliability, responsiveness,
assurance, emphaty, dan tangibles terhadap varibel dependen yaitu kepuasan
konsumen. Uji asumsi klasik terdiri dari normalitas, heteroskedastisitas,
multikolinearitas dan autokorelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi emphaty, tangibles reliability,
responsiveness, dan assurance secara parsial berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan nasabah Bank Jateng cabang UMS, karena berdasarkan uji t, nilai thitung
untuk emphaty sebesar (2,005), tangibles sebesar (2,121), reliability sebesar
(2,007), responsivenes sebesar (2,075), dan assurance sebesar (2,183), semua
lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,986. Berdasarkan uji F diperoleh nilai Fhitung
(32,275) lebih besar dari Ftabel (2,311). Dengan demikian lima dimensi service
quality yaitu emphaty, tangibles reliability, responsiveness, dan assurance secara
bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah
Bank Jateng cabang UMS. Nilai koefiesien determinasi (R2) sebesar 0,632 berarti
variabilitas dari kepuasan nasabah Bank Jateng cabang UMS dapat dijelaskan oleh
variasi dari emphaty, tangibles, reliability, responsiveness dan assurance sebesar
63,2%. Sedangkan sisanya sebesar 36,8% dijelaskan oleh variabel lain di luar
model. Berdasarkan nilai koefisien regresi diketahui bahwa dimensi paling
dominan pengaruhnya terhadap kepuasan nasabah Bank Jateng cabang UMS
adalah dimensi assurance.
|
---|