PENERAPAN SISTEM PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI (SPBK) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII DAN VIII DI SMP NEGERI 2 KARTASURA SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2006/2007

Evaluasi merupakan suatu proses, artinya dalam suatu pelaksanaan evaluasi mestinya terdiri dari berbagai macam tindakan yang harus dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan sistem penilaian berbasis kompetensi oleh guru pada mata pelajaran biologi kelas VII dan VIII semester...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: Wibowo , Arief
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
出版: 2007
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/11262/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Evaluasi merupakan suatu proses, artinya dalam suatu pelaksanaan evaluasi mestinya terdiri dari berbagai macam tindakan yang harus dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan sistem penilaian berbasis kompetensi oleh guru pada mata pelajaran biologi kelas VII dan VIII semester gasal SMP N 2 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2006/2007. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2006/2007, dengan populasi seluruh guru biologi di SMP N 2 Kartasura Sukoharjo berjumlah 3 guru biologi (kelasVII, VIII dan IX). Sampel yang digunakan adalah 2 guru biologi kelas VII dan VIII dengan menggunakan teknik Random Sampling. Sumber data yang dipergunakan adalah guru biologi kelas VII dan VIII. Teknik pengumpulan data penelitian adalah dengan mengumpulkan data sistem penilaian yang berupa alat penilaian atau jenis tagihan yang digunakan oleh guru ketika sedang berlangsung kegiatan belajar mengajar dengan cara observasi langsung di dalam kelas, kemudian dengan wawancara dan analisa dokumen. Analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis data sistem penilaian yang berupa alat evaluasi yang digunakan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa sistem penilaian yang digunakan di SMP N 2 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2006/2007 pada mata pelajaran biologi kelas VII dan VIII sudah sesuai dengan sistem penilaian berbasis kompetensi namun dalam penerapannya masih kurang atau belum maksimal dan masih ada kendala-kendala yang dihadapi.