PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menuntut adanya kerja sama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, misalnya dengan model pembelajaraan PBL (Problem Based Learning) dan TGT (Team Games Turnament). Tujuan penelitian in...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Widyarni, Ratih
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11259/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995292858155008
author Widyarni, Ratih
author_facet Widyarni, Ratih
author_sort Widyarni, Ratih
collection ePrints
description Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menuntut adanya kerja sama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, misalnya dengan model pembelajaraan PBL (Problem Based Learning) dan TGT (Team Games Turnament). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran PBL dan TGT pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007, 2) Model pembelajaran yang lebih tinggi dalam pembelajaran Biologi pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 1 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 kelas yaitu kelas XI IPA dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, kemudian dianalisis menggunakan uji T. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar Biologi dengan menggunakan model pembelajaran PBL: aspek kognitif (6,392), afektif (3,7), sedangkan hasil belajar biologi dengan model pembelajaran TGT yaitu: aspek kognitif (7,425), afektif (4,2). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil belajar biologi antara model pembelajaran TGT dengan model pembelajaran PBL pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007, yaitu model pembelajaran TGT menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran PBL, aspek kognitif (7,425 > 6,392), aspek afektif (4,2 > 3,7). Model pembelajaran TGT mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran PBL pada siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11259
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11259 https://eprints.ums.ac.id/11259/ PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007 Widyarni, Ratih L Education (General) Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menuntut adanya kerja sama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, misalnya dengan model pembelajaraan PBL (Problem Based Learning) dan TGT (Team Games Turnament). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran PBL dan TGT pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007, 2) Model pembelajaran yang lebih tinggi dalam pembelajaran Biologi pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 1 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 kelas yaitu kelas XI IPA dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, kemudian dianalisis menggunakan uji T. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar Biologi dengan menggunakan model pembelajaran PBL: aspek kognitif (6,392), afektif (3,7), sedangkan hasil belajar biologi dengan model pembelajaran TGT yaitu: aspek kognitif (7,425), afektif (4,2). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil belajar biologi antara model pembelajaran TGT dengan model pembelajaran PBL pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007, yaitu model pembelajaran TGT menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran PBL, aspek kognitif (7,425 > 6,392), aspek afektif (4,2 > 3,7). Model pembelajaran TGT mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran PBL pada siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11259/1/dpn.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11259/2/1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11259/3/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11259/4/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11259/5/4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11259/7/5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11259/10/dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11259/12/lamp.pdf Widyarni, Ratih (2007) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420020008
spellingShingle L Education (General)
Widyarni, Ratih
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title_fullStr PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full_unstemmed PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title_short PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
title_sort perbedaan model pembelajaran pbl problem based learning dan tgt team games tournament terhadap hasil belajar biologi pada siswa kelas xi sma muhammadiyah 2 surakarta tahun ajaran 2006 2007
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11259/
work_keys_str_mv AT widyarniratih perbedaanmodelpembelajaranpblproblembasedlearningdantgtteamgamestournamentterhadaphasilbelajarbiologipadasiswakelasxismamuhammadiyah2surakartatahunajaran20062007