PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menuntut adanya kerja sama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, misalnya dengan model pembelajaraan PBL (Problem Based Learning) dan TGT (Team Games Turnament). Tujuan penelitian in...

Бүрэн тодорхойлолт

-д хадгалсан:
Номзүйн дэлгэрэнгүй
Үндсэн зохиолч: Widyarni, Ratih
Формат: Дипломын ажил
Хэл сонгох:English
English
English
English
English
English
English
English
Хэвлэсэн: 2007
Нөхцлүүд:
Онлайн хандалт:https://eprints.ums.ac.id/11259/
Шошгууд: Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
Тодорхойлолт
Тойм:Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menuntut adanya kerja sama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, misalnya dengan model pembelajaraan PBL (Problem Based Learning) dan TGT (Team Games Turnament). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran PBL dan TGT pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007, 2) Model pembelajaran yang lebih tinggi dalam pembelajaran Biologi pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 1 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 kelas yaitu kelas XI IPA dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, kemudian dianalisis menggunakan uji T. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar Biologi dengan menggunakan model pembelajaran PBL: aspek kognitif (6,392), afektif (3,7), sedangkan hasil belajar biologi dengan model pembelajaran TGT yaitu: aspek kognitif (7,425), afektif (4,2). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil belajar biologi antara model pembelajaran TGT dengan model pembelajaran PBL pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007, yaitu model pembelajaran TGT menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran PBL, aspek kognitif (7,425 > 6,392), aspek afektif (4,2 > 3,7). Model pembelajaran TGT mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran PBL pada siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007.