PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menuntut adanya kerja sama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, misalnya dengan model pembelajaraan PBL (Problem Based Learning) dan TGT (Team Games Turnament). Tujuan penelitian in...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English English |
Vydáno: |
2007
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/11259/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menuntut adanya kerja sama
dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif, misalnya dengan model
pembelajaraan PBL (Problem Based Learning) dan TGT (Team Games
Turnament). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil
belajar antara model pembelajaran PBL dan TGT pada siswa kelas XI IPA SMA
Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007, 2) Model pembelajaran
yang lebih tinggi dalam pembelajaran Biologi pada siswa kelas XI IPA SMA
Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun
ajaran 2006/2007 yang berjumlah 1 kelas. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah 1 kelas yaitu kelas XI IPA dengan menggunakan teknik
Cluster Random Sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan
menggunakan tes, kemudian dianalisis menggunakan uji T. Hasil analisis statistik
menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar Biologi dengan menggunakan model
pembelajaran PBL: aspek kognitif (6,392), afektif (3,7), sedangkan hasil belajar
biologi dengan model pembelajaran TGT yaitu: aspek kognitif (7,425), afektif
(4,2). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil belajar
biologi antara model pembelajaran TGT dengan model pembelajaran PBL pada
siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007, yaitu
model pembelajaran TGT menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding
dengan model pembelajaran PBL, aspek kognitif (7,425 > 6,392), aspek afektif
(4,2 > 3,7). Model pembelajaran TGT mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi
dibandingkan dengan model pembelajaran PBL pada siswa kelas XI IPA di SMA
Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007. |
---|