PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Kartasura)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh metode pemberian tugas terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh metode pemberian tugas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jeni...
Spremljeno u:
Glavni autor: | |
---|---|
Format: | Disertacija |
Jezik: | English English English English English English English English |
Izdano: |
2007
|
Teme: | |
Online pristup: | https://eprints.ums.ac.id/11255/ |
Oznake: |
Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
|
_version_ | 1804995291755053056 |
---|---|
author | SHOFIANA , AIDIYAH |
author_facet | SHOFIANA , AIDIYAH |
author_sort | SHOFIANA , AIDIYAH |
collection | ePrints |
description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh metode pemberian tugas
terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap
prestasi belajar matematika, (3) pengaruh metode pemberian tugas dan motivasi belajar
terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi
dalam penelitian ini a dalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran
2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 239 siswa. Sampel dalam penelitian
ini sebanyak 80 siswa dengan menggunakan teknik random sampling.Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah analisis variansi 2 jalan yang sebelumnya
digunakan uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitin pada taraf signifikansi 5 %
menunjukkan (1) terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa
dengan Fhitung = 11,729, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi
belajar siswa dengan Fhitung = 3.722, (3) tidak terdapat interaksi antara metode
pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi dengan F hitung = 2.118.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pemberian tugas dan motivasi belajar siswa
berpengaruh positif tehadap prestasi belajar matematika. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11255 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11255 https://eprints.ums.ac.id/11255/ PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Kartasura) SHOFIANA , AIDIYAH L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh metode pemberian tugas terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh metode pemberian tugas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini a dalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 239 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa dengan menggunakan teknik random sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis variansi 2 jalan yang sebelumnya digunakan uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitin pada taraf signifikansi 5 % menunjukkan (1) terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa dengan Fhitung = 11,729, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan Fhitung = 3.722, (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi dengan F hitung = 2.118. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pemberian tugas dan motivasi belajar siswa berpengaruh positif tehadap prestasi belajar matematika. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11255/1/depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11255/2/1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11255/5/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11255/7/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11255/12/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11255/13/5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11255/16/dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11255/17/lamp.pdf SHOFIANA , AIDIYAH (2007) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410030022 |
spellingShingle | L Education (General) SHOFIANA , AIDIYAH PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Kartasura) |
title | PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Kartasura) |
title_full | PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Kartasura) |
title_fullStr | PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Kartasura) |
title_full_unstemmed | PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Kartasura) |
title_short | PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Kartasura) |
title_sort | pengaruh metode pemberian tugas resitasi dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika kelas viii semester 1 smp negeri 3 kartasura |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11255/ |
work_keys_str_mv | AT shofianaaidiyah pengaruhmetodepemberiantugasresitasidanmotivasibelajarsiswaterhadapprestasibelajarmatematikakelasviiisemester1smpnegeri3kartasura |