ANALISIS PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI PADA PERGURUAN TINGGI DI SURAKARTA UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI ( PPAk )
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi yang meliputi motivasi karir, ekonomi, kualitas, intrinsik dan pengakuan profesional terhadap minat mahasiswa akuntansi semester 4 dan 5 di perguruan tinggi di Surakarta untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Popula...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11247/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi yang meliputi motivasi
karir, ekonomi, kualitas, intrinsik dan pengakuan profesional terhadap minat mahasiswa
akuntansi semester 4 dan 5 di perguruan tinggi di Surakarta untuk mengikuti Pendidikan
Profesi Akuntansi (PPAk).
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi pada perguruan tinggi di
Surakarta semester 4 dan 5 yang sudah menempuh mata kuliah pengauditan. Sampel yang
digunakan sebesar 180 responden dengan cara memberikan kuesioner secara langsung yang
dimulai sejak tanggal 2 September sampai dengan 21 September 2006. Metode pengambilan
sampel dengan metode convenience sampling. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan uji F, uji t dengan tingkat kepercayaan 95% dan uji asumsi klasik dengan
menggunakan uji normalitas, heteroskedastisitas, multikolinieritas dan autokorelasi.
Hasil regresi pengaruh variabel independen terhadap ke lima variasi variabel motivasi
karir, motivasi ekonomi, motivasi kualitas, motivasi intrinsik, motivasi pengakuan profesional
diketahui R2
adalah 0,335. Hal ini menunjukkan bahwa 33,5% minat mahasiswa akuntansi
mengikuti PPAK dapat dijelaskan oleh variasi ke lima variabel independen, yaitu variabel
motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi kualitas, motivasi intrinsik, motivasi pengakuan
profesional dan sisanya sebesar 66,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model
penelitian. Hasil uji signifikansi simultan menunjukkan nilai Fhitung (17,544) > Ftabel (2,21),
maka ke lima variabel motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi kualitas, motivasi intrinsik,
motivasi pengakuan profesional berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa
mengikuti PPAK. Dari hasil uji koefisien regresi parsial secara statistik dengan tingkat
signifikansi 0,01 dengan nilai ttabel 2,576 untuk variabel motivasi karir nilai thitung 3,130 (3,130
> 2,576) dengan nilai signifikansi 0,002, variabel motivasi ekonomi nilai thitung –1,619 (-1,960
≤ -1,619 ≤ 1,960) dengan nilai signifikansi 0,107, variabel motivasi kualitas nilai thitung 5,946
(5,946 > 2,576) dengan nilai signifikansi 0,000 variabel motivasi intrinsik nilai thitung –1,041
(-1,960 ≤ -1,041 ≤ 1,960) dengan nilai signifikansi 0,299 dan variabel motivasi pengakuan
profesional nilai thitung 1,297 (-1,960 ≤ 1,297 ≤ 1,960) dengan nilai signifikansi 0,197. Dengan
demikian motivasi yang berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi
untuk mengikuti PPAk hanya motivasi karir dan kualitas sedangkan motivasi ekonomi,
intrinsik dan pengakuan profesional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat
mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk. Hasil pengujian prasyarat analisis dengan
menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi
tidak diketemukan penyimpangan yang berarti. |
---|