ANALISIS PENGARUH MERK, KUALITAS, DAN HARGA PRODUK KOSMETIK POND’S TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (DI FAKULTAS EKONOMI UMS)
Perumusan masalah yang diajukan dalam penelitian adalah: 1) Adakah pengaruh merk, kualitas dan harga produk kosmetik Pond’s secara individual terhadap kepuasan konsumen? 2) Adakah pengaruh merk, kualitas dan harga produk kosmetik Pond’s secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen? 3) Faktor m...
Պահպանված է:
Հիմնական հեղինակ: | |
---|---|
Ձևաչափ: | Թեզիս |
Լեզու: | English English English English |
Հրապարակվել է: |
2007
|
Խորագրեր: | |
Առցանց հասանելիություն: | https://eprints.ums.ac.id/11235/ |
Ցուցիչներ: |
Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
|
Ամփոփում: | Perumusan masalah yang diajukan dalam penelitian adalah: 1) Adakah
pengaruh merk, kualitas dan harga produk kosmetik Pond’s secara individual
terhadap kepuasan konsumen? 2) Adakah pengaruh merk, kualitas dan harga
produk kosmetik Pond’s secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen? 3)
Faktor manakah yang paling dominan pengaruhnya diantara ketiga faktor tersebut
terhadap kepuasan konsumen?
Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah dari keseluruhan obyek.
Sampel penelitian yang diambil 100 responden pengguna kosmetik Pond’s di
Fakultas Ekonomi UMS dengan teknik random sampling dengan metode
convenience, artinya anggota populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk
menjadi sampel, dan berdasarkan pada ketersediaan elemen dan kemudahan untuk
mendapatkannya. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier
berganda, uji t, uji F dan Koefisien Deterninasi (R2).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pernyataan
hipotesis pertama yaitu terdapat pengaruh yang kuat antara merk, kualitas dan
harga produk kosmetik Pond’s secara individual terhadap kepuasan konsumen
dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi variabel merk =
0,287; kualitas = 0,399, harga = 0,270 artinya variabel merk, kualitas, harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selain itu
didukung hasil uji t diperoleh nilai thitung variabel merk = 3,735; kualitas = 4,510;
harga = 3,249 lebih besar ttabel 1,988 pada taraf signifikansi 0,000, 0,000, 0,002,
sehingga menolak H0 berarti ada pengaruh yang signifikan dan positif antara
variabel merk (X1), kualitas (X2), harga (X3) terhadap kepuasan konsumen (Y).
Pernyataan hipotesis kedua yaitu terdapat pengaruh yang kuat antara merk,
kualitas dan harga produk kosmetik Pond’s secara bersama-sama terhadap
kepuasan konsumen dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar
86,461 > Ftabel sebesar 2,68 dan didukung dengan nilai koefisien determinasi (R2)
sebesar 0,721% yang menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel merk,
kualitas dan harga terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 72,1% sedangkan
sisanya sebesar 27,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Sedangkan pernyataan hipotesis ketiga yaitu kualitas mempunyai pengaruh yang
lebih dominan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen terbukti. Hal ini
dibuktikan dari hasil koefisien regresi yang diperoleh nilai koefisien regresi (B)
yang paling besar adalah variabel kualitas (X2) sebesar 0,399, dan didukung dari
thitung yang sebesar 4,510, sehingga variabel yang paling dominan pengaruh
terhadap kepuasan konsumen adalah variabel kualitas (X2).
|
---|