ANALISIS PENGARUH USIA, PENDIDIKAN, PENDAPATAN DAN KELAS SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA DEALER MATARAM SAKTI MOTOR SALATIGA
Dalam penelitian yang berjudul “Analisis Pengaruh Usia, Pendidikan, Pendapatan Dan Kelas Sosial Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Yamaha Pada Mataram Sakti Motor Salatiga” bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor intern perilaku konsumen yang terdiri dari usia, pendidikan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11229/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Dalam penelitian yang berjudul “Analisis Pengaruh Usia, Pendidikan,
Pendapatan Dan Kelas Sosial Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pembelian
Sepeda Yamaha Pada Mataram Sakti Motor Salatiga” bertujuan untuk
menganalisis pengaruh faktor intern perilaku konsumen yang terdiri dari usia,
pendidikan dan pendapatan dan faktor ekstern yaitu kelas sosial terhadap
keputusan pembelian sepeda motor Yamaha dan untuk menganalisis faktor
manakah yang paling dominan berpengaruh antara variabel usia, pendidikan,
pendapatan dan kelas sosial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha.
Metode pengumpulan data menggunakan teknik angket, sampel dipilih
100 responden dari populasi konsumen sepeda motor Yamaha di Salatiga. Alat
analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien
determinasi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pendidikan, pendapatan dan
kelas sosial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
Hal ini ditunjukkan oleh Hasil uji t yang menunjukkan bahwa dari keempat
variabel (usia, pendidikan, pendapatan, dan kelas sosial) variabel yang
mempunyai pengaruh kuat terhadap keputusan pembelian adalah pendidikan
dengan probabilitas sebesar (0,020), pendapatan (0,001) dan kelas sosial (0,033)
hal ini dikarenakan oleh ketiga faktor tersebut mempunyai nilai probabilitas
dibawah 0,05. Adapun faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian
adalah pendapatan. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya nilai t hitung sebesar 3,639
lebih besar dari nilai t hitung variabel lain yaitu Usia sebesar (0,386), pendidikan
sebesar (2,404) dan kelas sosial sebesar (2,201). Jadi hipotesis kedua yang
menyatakan bahwa faktor yang paling mempengaruhi konsumen terhadap
keputusan pembelian adalah pendapatan terbukti.
Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa secara bersama-sama
keempat variabel yaitu usia, pendidikan, pendapatan dan kelas sosial berpengaruh
secara signifikan terhadap keputusan pembelian, jadi dapat disimpulkan bahwa
hipotesis pertama terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji F. Dimana hasil uji F
menunjukkan bahwa besarnya probabilitas sebesar 0,000 dibawah level of
significance 0,05. Sedangkan besarnya koefisien determinasi sebesar 50,5%, yang
menunjukkan bahwa masih ada variabel yang mempengaruhi keputusan
pembelian selain variabel keempat variabel tersebut diatas yaitu usia, pendidikan,
pendapatan dan kelas sosial.
|
---|