PENGARUH PROMOSI DAN PERIKLANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PT.NYONYA MENEER SEMARANG
Pemasaran merupakan faktor yang sangat penting di dalam suatu usaha atau perusahaan, yang melatarbelakangi skripsi ini adalah untuk mengetahui kegiatan perusahaan dalam peningkatkan pemasaran yang dapat meningkatkan volume penjualan. Usaha di dalam pemasaran dengan melakukan promosi melalui...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11223/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Pemasaran merupakan faktor yang sangat penting di dalam suatu usaha
atau perusahaan, yang melatarbelakangi skripsi ini adalah untuk mengetahui
kegiatan perusahaan dalam peningkatkan pemasaran yang dapat meningkatkan
volume penjualan. Usaha di dalam pemasaran dengan melakukan promosi melalui
periklanan dan promosi penjualan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah periklanan dan promosi
penjualan akan dapat berpengaruh dan mempunyai hubungan yang erat terhadap
volume penjualan.
Adapun manfaat penelitian ini bagi perusahaan yang menjadi obyek
penelitian diharapkan dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan oleh pimpinan
perusahaan dalam mengambil kebijaksanaan penentuan media promosi yang tepat
guna meningkatkan volume penjualan dimasa yang akan datang.
Sehubungan dengan hal tersebut, hipotesis yang diajukan bahwa
penggunaan media promosi melalui periklanan dan promosi penjualan akan dapat
berpengaruh dan mempunyai hubungan yang erat terhadap peningkatan volume,
sedangkan media promosi yang paling dominan adalah periklanan. Analisa data
dilakukan dengan menggunakan analisa regresi liniear berganda, uji t, analisa
korelasi parsial dan analisa koefisien determinasi.
Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan
bantuan program komputer spss diperoleh hasil dari analisa regresi linier berganda
diperoleh persamaan Y = 1508,96 + 65,354X1 +2,326X2 + e, untuk menguji
keberartian pengaruh tersebut digunakan uji t yang hasil periklanan mempunyai
pengaruh signifikan terhadap volume penjualan dengan nilai thitung untuk X1 6,047,
sedangkan biaya promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadapvolume
penjualan, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung X2 1,124. Sedangkan uji F
secara bersama-sama kedua variabel yaitu biaya periklanan dan biaya promosi
terbukti berpengaruh terhadap volume penjualan dengan nilai Fhitung 20,02 >
Ftabel 2,374. Dari hasil korelasi parsial diperoleh nilai X1 sebesar 0,632 dan X2
sebesar 0,189 sehingga dapat disimpulkan antara biaya periklanan (X1) dengan
volume penjualan (Y) mempunyai hubungan yang cukup kuat, sedangkan biaya
promosi (X2) tidak mempunyai hubungan yang kuat dengan volume penjualan (Y)
karena sig. > 0,05. Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai R2
0,413,
ini berarti bahwa 41,3% volume penjualan dijelaskan oleh periklanan dan biaya
promosi sedangkan sisanya 58,7% dijelaskan oleh faktor yang lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.
|
---|