ANALISIS PENGARUH POSITIONING BY ATTRIBUTE DAN POSITIONING BY BENEFITS TERHADAP BRAND IMAGE KONSUMEN PRODUK INDOMIE
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh yang positif positioning by attribute terhadap brand image konsumen produk indomie? 2) Apakah ada pengaruh yang positif positioning by benefits terhadap brand image konsumen produk indomie? 3) Apakah ada pengaruh yang positif...
Сохранить в:
Главный автор: | |
---|---|
Формат: | Диссертация |
Язык: | English English English English |
Опубликовано: |
2007
|
Предметы: | |
Online-ссылка: | https://eprints.ums.ac.id/11222/ |
Метки: |
Добавить метку
Нет меток, Требуется 1-ая метка записи!
|
Итог: | Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh
yang positif positioning by attribute terhadap brand image konsumen produk
indomie? 2) Apakah ada pengaruh yang positif positioning by benefits terhadap
brand image konsumen produk indomie? 3) Apakah ada pengaruh yang positif
positioning by attribute dan positioning by benefits secara bersama-sama terhadap
brand image konsumen produk indomie? 4) Manakah diantara positioning by
attribute dan positioning by benefits yang berpengaruh lebih besar terhadap brand
image konsumen produk indomie?
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen indomie yang
tinggal di Surakarta. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan teknik
random sampling, artinya semua individu anggota populasi mempunyai
kesempatan yang sama untuk menjadi sampel. Metode analisis data yang
digunakan adalah regresi berganda, uji t, uji F dan R2.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: terdapat
pengaruh yang positif positioning by attribute dan positioning by benefits terhadap
brand image konsumen produk indomie. Hal ini didukung oleh: a) koefisien
regresi positioning by attribute dan positioning by benefits sebesar 0,420 dan
0,328 b) uji t positioning by attribute dan positioning by benefits yang
menyatakan thitung > ttabel (6,231 dan 4,113 > 1,987) atau signifikan pada 0,000.
Berdasarkan uji F terbukti bahwa secara bersama-sama variabel positioning by
attribute dan positioning by benefits berpengaruh positif, hal ini didukung dari
hasil uji F yang menyatakan Fhitung > Ftabel (88,967 > 3,94) atau signifikan pada
0,000. Berdasarkan uji determinasi didapat nilai koefisien determinasi sebesar
0,647 berarti bahwa 64,7% variasi variabel brand image konsumen dapat
dijelaskan oleh variabel positioning by attribute (x1) dan positioning by benefits
(x2), sedangkan 35,3% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak masuk
dalam model penelitian.
|
---|