ANALISIS PENGARUH KESESUAIAN CITRA DIRI DAN KESUKAAN MEREK TERHADAP KEPUASAN PARA PENGGUNA SEPEDA MOTOR MEREK HONDA (Study pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Masalahyanghendakdicarijawabannyadalampenelitianiniadalah:(1) Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesesuaiancitradirikonsumen denganmerekyangdigunakanterhadapkepuasanmenggunakanproduk.(2) Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesukaandenganmerekyang digunakanterhadapkepuasandalammeng...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English |
出版: |
2007
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/11219/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Masalahyanghendakdicarijawabannyadalampenelitianiniadalah:(1)
Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesesuaiancitradirikonsumen
denganmerekyangdigunakanterhadapkepuasanmenggunakanproduk.(2)
Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesukaandenganmerekyang
digunakanterhadapkepuasandalammenggunakanproduktersebut.(3)Apakah
konsumenpadaberbagaitingkatankesesuaiancitradiridenganmerekyang
digunakandanberbagaitingkatankesukaanmerekakanmemilikitingkat
kepuasanyangberbeda.Sedangkanhipotesisdaripenelitianiniadalah(1)Ada
pengaruhpositifdansignifikanantarakesesuaiancitradirikonsumendengan
merekyangdigunakan (self-imagecongruency) terhadapkepuasan (satisfaction)
dalammenggunakanproduktersebut.(2)Adapengaruhpositifdansignifikan
antarakesukaan akan merek (brandpreference) yangdigunakan terhadap
kepuasan (satisfaction) dalammenggunakanproduktersebut.(3)Konsumenpada
berbagaitingkatkesesuaiancitradiridenganmerekyangdigunakandanberbagai
tingkat kesukaan pada merek akan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda.
Penelitianinimengambilsampelsebanyak125orangresponden
mengetahuimerek,membeli,danmenggunakansepedamotormerekHondayang
merupakanmahasiswaUniversitas Muhammadiyah Surakarta.Teknik
pengambilansampeldalampenelitianiniadalahsecara nonprobabilitysampling
dengan purposivesampling. Dimanapenelitimengambiljudgementsampling
dimanapenelitimemilihsampelberdasarkanpenilaianterhadapbeberapa
karakteristikanggotasampelyangdisesuaikandenganmaksudpenelitian.Dalam
penelitianini,penelitimemilihanggota-anggotasampeldaripopulasiyangtidak
diketahuijumlahnyadanmemenuhikriteriatertentu,dengancarabertanyasecara
lisankepadarespondenapakahmerekamengetahuimerek,membeli,dan
menggunakansepedamotormerekHondasertamerupakanmahasiswa
Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ujicobainstrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahuji
validitas menggunakananalisisfaktordanujireliabilitasmenggunakan Cronbach
Alpha. Dalanpengolahandatadugunakanalatanalisisyangberuparegresilinier
sederhana, uji t, dan analisis manova. Kesimpulanyangdapatditarikdalampenelitianiniadalah:(1) Adanya
pengaruhpositifdansignifikandarikesesuaiancitradiriterhadapkepuasan
menggunakanproduktersebut.Berdasarkanhasilujiregresiuntukmenguji
hipotesis1terlihatbahwakoefisienregresipositifsebesar0,469,nilaithitung
5,601dengansignifikansi0,000.(2)Adanyapengaruhpositifdansignifikandari
kesukaanmerekterhadapkepuasankonsumen.Berdasarkanhasilujiregresiuntuk
mengujihipotesis2terlihatbahwakoefisienregresipositifsebesar0,441,nilait
hitung5,982dengansignifikansi0,000.Haltersebutmenunjukkanbahwa
variabelindependenkesesuaiancitradirimempunyaipengaruhpositifdan
signifikanterhadapvariabeldependenkepuasan(3)Konsumenpadaberbagai
tingkatankesesuaiancitradiridankesukaanmerekdenganmerekyangdigunakan
akanmemilikikepuasanyangberbeda.BerdasarkanhasilpengujianMANOVA
denganprosedur Pillai’sTrace,Wilks’Lamda,Hotelling’sTrace dan Roy’s
LargestRoot.Kesemuanyamenunjukkanangkasignifikansidibawah0,05.
Pillai’sTrace,Wilks’Lamda,Hotelling’sTrace dan Roy’sLargestRoot dengan
signifikansi0,000lebihkecildaripada0,05makadapatdiartikanadaperbedaan
yangsignifikanantarakesesuaiancitradiridankesukaanakanmerekterhadap
kepuasan.Dengandemikiandapatdinyatakanbahwakonsumenpadaberbagai
tingkatankesesuaiancitradiridenganmerekyangdigunakanakanmemiliki
tingkat kesukaan akan merek dan kepuasan yang berbeda
Berdasarkantemuan-temuandalampenelitianinipenulismencobauntuk
memberikansaranyangdapatdijadikanpertimbanganbagiperusahaanuntuk
memanfaatkandanmenggunakanstrategi-strategipositioningprodukdenganbaik
supayadapattetapmempertahankancitramereknya.Perusahaanjugaperlutetap
mempertahankankualitassepedamotormerekHonda.Karena dengan
mempertahankankualitasdanmeningkatkanmutuyangbaik,makakonsumen
akanmerasapuasdantetaployalterhadapsepedamotormerekHonda,sehingga
mereka tidak akan berniat untuk berpindah merek. |
---|