ANALISIS PENGARUH KESESUAIAN CITRA DIRI DAN KESUKAAN MEREK TERHADAP KEPUASAN PARA PENGGUNA SEPEDA MOTOR MEREK HONDA (Study pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Masalahyanghendakdicarijawabannyadalampenelitianiniadalah:(1) Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesesuaiancitradirikonsumen denganmerekyangdigunakanterhadapkepuasanmenggunakanproduk.(2) Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesukaandenganmerekyang digunakanterhadapkepuasandalammeng...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: KURNIASIH, DIDIK
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
出版: 2007
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11219/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Masalahyanghendakdicarijawabannyadalampenelitianiniadalah:(1) Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesesuaiancitradirikonsumen denganmerekyangdigunakanterhadapkepuasanmenggunakanproduk.(2) Apakahadapengaruhpositifdansignifikanantarakesukaandenganmerekyang digunakanterhadapkepuasandalammenggunakanproduktersebut.(3)Apakah konsumenpadaberbagaitingkatankesesuaiancitradiridenganmerekyang digunakandanberbagaitingkatankesukaanmerekakanmemilikitingkat kepuasanyangberbeda.Sedangkanhipotesisdaripenelitianiniadalah(1)Ada pengaruhpositifdansignifikanantarakesesuaiancitradirikonsumendengan merekyangdigunakan (self-imagecongruency) terhadapkepuasan (satisfaction) dalammenggunakanproduktersebut.(2)Adapengaruhpositifdansignifikan antarakesukaan akan merek (brandpreference) yangdigunakan terhadap kepuasan (satisfaction) dalammenggunakanproduktersebut.(3)Konsumenpada berbagaitingkatkesesuaiancitradiridenganmerekyangdigunakandanberbagai tingkat kesukaan pada merek akan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda. Penelitianinimengambilsampelsebanyak125orangresponden mengetahuimerek,membeli,danmenggunakansepedamotormerekHondayang merupakanmahasiswaUniversitas Muhammadiyah Surakarta.Teknik pengambilansampeldalampenelitianiniadalahsecara nonprobabilitysampling dengan purposivesampling. Dimanapenelitimengambiljudgementsampling dimanapenelitimemilihsampelberdasarkanpenilaianterhadapbeberapa karakteristikanggotasampelyangdisesuaikandenganmaksudpenelitian.Dalam penelitianini,penelitimemilihanggota-anggotasampeldaripopulasiyangtidak diketahuijumlahnyadanmemenuhikriteriatertentu,dengancarabertanyasecara lisankepadarespondenapakahmerekamengetahuimerek,membeli,dan menggunakansepedamotormerekHondasertamerupakanmahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Ujicobainstrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahuji validitas menggunakananalisisfaktordanujireliabilitasmenggunakan Cronbach Alpha. Dalanpengolahandatadugunakanalatanalisisyangberuparegresilinier sederhana, uji t, dan analisis manova. Kesimpulanyangdapatditarikdalampenelitianiniadalah:(1) Adanya pengaruhpositifdansignifikandarikesesuaiancitradiriterhadapkepuasan menggunakanproduktersebut.Berdasarkanhasilujiregresiuntukmenguji hipotesis1terlihatbahwakoefisienregresipositifsebesar0,469,nilaithitung 5,601dengansignifikansi0,000.(2)Adanyapengaruhpositifdansignifikandari kesukaanmerekterhadapkepuasankonsumen.Berdasarkanhasilujiregresiuntuk mengujihipotesis2terlihatbahwakoefisienregresipositifsebesar0,441,nilait hitung5,982dengansignifikansi0,000.Haltersebutmenunjukkanbahwa variabelindependenkesesuaiancitradirimempunyaipengaruhpositifdan signifikanterhadapvariabeldependenkepuasan(3)Konsumenpadaberbagai tingkatankesesuaiancitradiridankesukaanmerekdenganmerekyangdigunakan akanmemilikikepuasanyangberbeda.BerdasarkanhasilpengujianMANOVA denganprosedur Pillai’sTrace,Wilks’Lamda,Hotelling’sTrace dan Roy’s LargestRoot.Kesemuanyamenunjukkanangkasignifikansidibawah0,05. Pillai’sTrace,Wilks’Lamda,Hotelling’sTrace dan Roy’sLargestRoot dengan signifikansi0,000lebihkecildaripada0,05makadapatdiartikanadaperbedaan yangsignifikanantarakesesuaiancitradiridankesukaanakanmerekterhadap kepuasan.Dengandemikiandapatdinyatakanbahwakonsumenpadaberbagai tingkatankesesuaiancitradiridenganmerekyangdigunakanakanmemiliki tingkat kesukaan akan merek dan kepuasan yang berbeda Berdasarkantemuan-temuandalampenelitianinipenulismencobauntuk memberikansaranyangdapatdijadikanpertimbanganbagiperusahaanuntuk memanfaatkandanmenggunakanstrategi-strategipositioningprodukdenganbaik supayadapattetapmempertahankancitramereknya.Perusahaanjugaperlutetap mempertahankankualitassepedamotormerekHonda.Karena dengan mempertahankankualitasdanmeningkatkanmutuyangbaik,makakonsumen akanmerasapuasdantetaployalterhadapsepedamotormerekHonda,sehingga mereka tidak akan berniat untuk berpindah merek.