PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BATIK DANAR HADI DI SOLO

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promotional mix yang terdiri dari iklan dan promosi penjualan terhadap volume penjualan. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang terdiri dari data alokasi biaya iklan dan promosi penjualan serta jumlah volume penjualan selama tahun 19...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: GINANJAR, THITIS
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2007
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11212/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995281002954752
author GINANJAR, THITIS
author_facet GINANJAR, THITIS
author_sort GINANJAR, THITIS
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promotional mix yang terdiri dari iklan dan promosi penjualan terhadap volume penjualan. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang terdiri dari data alokasi biaya iklan dan promosi penjualan serta jumlah volume penjualan selama tahun 1996 sampai 2005 dalam satuan rupiah. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Bardasarkan analisis regresi liner berganda diperoleh ksimpulan bahwa (1) hasil uji pengaruh signifikasi bersama-sama menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara variable promotional mix yang terdiri dan iklan dan promosi penjualan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji F. dimana nilai F hitung 16,395 > Ftabel 3,33. dari hasil regresi ditunjukan bahwa model regresi yang dihasilkan bagus karena menghasilkan nilai koefisien determinasi (R2) mendekati 1. Nilai tersebut menunjukan variasi yang terjadi pada variable volume penjualan dapat dijelaskan oleh variable iklan dan promosi penjualan sebesar 54,8% sedangkan sisanya 45.2%dipengaruhi variabel lain diluar model penelitian. (2) Sedangkan uji signifikasi pengaruh secara parsial di peroleh hasil bahwa variabel periklanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji t diman nilai t hitung 5,277 > ttabel 2,045. Variabel promosi penjualan secara parsial berpengaruh signifikan bersifat negatif. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji t dimana nilai t hitung -2,139 < ttabel -2,045.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11212
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11212 https://eprints.ums.ac.id/11212/ PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BATIK DANAR HADI DI SOLO GINANJAR, THITIS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promotional mix yang terdiri dari iklan dan promosi penjualan terhadap volume penjualan. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang terdiri dari data alokasi biaya iklan dan promosi penjualan serta jumlah volume penjualan selama tahun 1996 sampai 2005 dalam satuan rupiah. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Bardasarkan analisis regresi liner berganda diperoleh ksimpulan bahwa (1) hasil uji pengaruh signifikasi bersama-sama menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara variable promotional mix yang terdiri dan iklan dan promosi penjualan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji F. dimana nilai F hitung 16,395 > Ftabel 3,33. dari hasil regresi ditunjukan bahwa model regresi yang dihasilkan bagus karena menghasilkan nilai koefisien determinasi (R2) mendekati 1. Nilai tersebut menunjukan variasi yang terjadi pada variable volume penjualan dapat dijelaskan oleh variable iklan dan promosi penjualan sebesar 54,8% sedangkan sisanya 45.2%dipengaruhi variabel lain diluar model penelitian. (2) Sedangkan uji signifikasi pengaruh secara parsial di peroleh hasil bahwa variabel periklanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji t diman nilai t hitung 5,277 > ttabel 2,045. Variabel promosi penjualan secara parsial berpengaruh signifikan bersifat negatif. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji t dimana nilai t hitung -2,139 < ttabel -2,045. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11212/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11212/4/Skripsi.pdf GINANJAR, THITIS (2007) PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BATIK DANAR HADI DI SOLO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100030104
spellingShingle GINANJAR, THITIS
PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BATIK DANAR HADI DI SOLO
title PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BATIK DANAR HADI DI SOLO
title_full PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BATIK DANAR HADI DI SOLO
title_fullStr PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BATIK DANAR HADI DI SOLO
title_full_unstemmed PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BATIK DANAR HADI DI SOLO
title_short PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BATIK DANAR HADI DI SOLO
title_sort pengaruh promotional mix terhadap volume penjualan pada pt batik danar hadi di solo
url https://eprints.ums.ac.id/11212/
work_keys_str_mv AT ginanjarthitis pengaruhpromotionalmixterhadapvolumepenjualanpadaptbatikdanarhadidisolo